Estimasi Biaya Pengembangan Perangkat Lunak Pada Perencanaan Sistem Informasi Rental Mobil Menggunakan Metode Cocomo II (Studi Kasus: PT. Jagad Indonesia)

Mahdarani, Arinta (2015) Estimasi Biaya Pengembangan Perangkat Lunak Pada Perencanaan Sistem Informasi Rental Mobil Menggunakan Metode Cocomo II (Studi Kasus: PT. Jagad Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketika merencanakan suatu investasi proyek perangkat lunak yang diperuntukkan sebagai salah satu langkah dalam melakukan ekspansi bisnis perusahaan, memang penting dilakukan secara matang terutama pada faktor biaya dan penjadwalan yang dibutuhkan. Seperti halnya yang dirasakan oleh PT. Jagad Indonesia, dalam merencanakan suatu investasi perangkat lunak harus dilakukan secara matang agar menghindari adanya resiko pembengkakan biaya proyek ketika sistem diimplementasikan. Dengan menggunakan metode COCOMO II (Constructive Cost Model II) sebagai salah satu teknik estimasi biaya perangkat lunak yang memungkinkan untuk mengestimasi biaya, usaha, dan penjadwalan ketika merencanakan sebuah aktivitas pengembangan perangkat lunak dalam membantu perusahan untuk merencanakan investasi proyek perangkat lunak secara matang. Berdasarkan hasil analisa pengklasifikasian Unadjusted Function Point (UFP) yang diperoleh dari penggunaan data flow diagram, ER-Diagram, serta boundary sistem, total estimasi biaya perangkat lunak yang dihasilkan menggunakan metode COCOMO II submodel early design pada penelitian ini sebesar Rp. 31.500.000, untuk estimasi penjadwalan atau durasi proyek sebesar 10 bulan, serta estimasi usaha sebesar 56.26 Man Month dengan melibatkan 6 orang pegawai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/258/051506368
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 17 Nov 2015 09:36
Last Modified: 20 Oct 2021 14:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146306
[thumbnail of FIX_SKRIPSI_ARIN_FIX.pdf]
Preview
Text
FIX_SKRIPSI_ARIN_FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item