Implementasi Metode ANP-Fuzzy TOPSIS Untuk Rekomendasi Penentuan Supplier Ayam (Studi Kasus: Rumah Potong Ayam PT. Phalosari Unggul Jaya Jombang).

Rezka, MuhammadFadhil (2015) Implementasi Metode ANP-Fuzzy TOPSIS Untuk Rekomendasi Penentuan Supplier Ayam (Studi Kasus: Rumah Potong Ayam PT. Phalosari Unggul Jaya Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Phalosari Unggul Jaya Jombang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha Rumah Pemotongan Ayam (RPA) yang berpusat di kota Jombang Jawa Timur. Pemenuhan kebutuhan RPA dilakukan dengan mengambil ayam pada supplier yang terdiri dari banyak cabang supplier di berbagai wilayah Jawa Timur. Penyebaran banyak cabang, jumlah penyusutan, harga pasaran ayam, serta biaya transportasi dari supplier yang berbeda menyebabkan efektifitas dalam penentuan supplier untuk transaksi setiap bulan semakin menurun. Penggunaan metode pemilihan supplier secara manual dengan empat kriteria yang berbeda menyebabkan kurangnya efisiensi baik kinerja sumber daya manusia (manajer) maupun waktu yang digunakan untuk memilih supplier. Metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di atas adalah metode fuzzy TOPSIS dengan metode pembobotan ANP. Proses dari pembobotan ANP sendiri antara lain membuat matriks perbandingan antar node untuk mencari eigen vektor, membuat unweighted supermatriks, membuat cluster matriks, membuat weighted supermatriks, dan melakukan perhitungan bobot menggunakan limitng supermatriks. Bobot kriteria yang dihasilkan ini akan digunakan pada perhitungan metode fuzzy TOPSIS. Penerapan metode TOPSIS dalam sistem ini adalah untuk mendapatkan hasil perangkingan akhir dari supplier terbaik yang dibandingkan dengan perangkingan manual dari perusahaan. Prosesnya antara lain menentukan matriks keputusan, menenetukan matriks fuzzy, menghitung matriks fuzzy ternormalisasi terbobot, menghitung solusi ideal, menghitung jarak solusi serta menghitung nilai preferensi. Dalam perhitungan ini terdapat 4 kriteria, yaitu: ratarata prosentase pemenuhan permintaan dari perusahaan, stok yang tersedia pada supplier, penyusutan dalam pengiriman, dan biaya dalam rupiah. Hasil akurasi sistem terbaik didapatkan dengan menggunakan data variasi terhadap matriks perbandingan antar node yaitu bulan Mei dengan nilai sebesar 88,936%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/242/051505147
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Aug 2015 14:34
Last Modified: 20 Oct 2021 14:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146289
[thumbnail of Implementas_ANP-Fuzzy_TOPSIS_Pada_Supplier_(fadhil_rezka's_conflicted_copy_2015-07-10).pdf]
Preview
Text
Implementas_ANP-Fuzzy_TOPSIS_Pada_Supplier_(fadhil_rezka's_conflicted_copy_2015-07-10).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item