Implementasi Realtime Tactical Pathfinding menggunakan A* dan Reynolds Steering Obstacle Avoidance pada Permainan Komputer.

Abdi, Faizal (2015) Implementasi Realtime Tactical Pathfinding menggunakan A* dan Reynolds Steering Obstacle Avoidance pada Permainan Komputer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Algoritma A* digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pathfinding dalam pencarian jalur terpendek antara satu titik dengan titik yang lain. Namun dalam lingkungan yang taktis, jalur terpendek belum tentu dan tidak selalu menjadi jalur yang paling aman. Dalam pencarian jalur, aktor NPC dituntut tidak hanya untuk mencari jalur terpendek, namun juga mempertimbangkan faktor ancaman pada jalur yang dicari. Algoritma A* tactical pathfinding merupakan solusi yang menawarkan pencarian jalur terpendek sekaligus teraman dengan menambahkan informasi taktikal pada algoritma A*. Pada lingkungan dinamis (realtime) terdapat halangan dinamis (dynamic obstacles) yang menambah kompleksitas permasalahan tactical pathfinding. Salah satu algoritma short steering yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan realtime pathfinding adalah Reynolds Steering Obstacle Avoidance yang mampu menghindari adanya tabrakan dengan dynamic obstacles. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan implementasi realtime tactical pathfinding dengan mengintegrasikan antara algoritma long steering A* yang dimodifikasi untuk tactical pathfinding dan algoritma short steering Reynolds Steering Obstacle Avoidance untuk menghindari dynamic obstacles. Implementasi algoritma dilakukan dengan melakukan simulasi pada peta permainan 3D berupa regular grids berbentuk persegi. Simulasi implementasi algoritma dilakukan dalam dua skenario. Pengujian panjang jalur pada 50 uji coba dalam skenario 1, menunjukkan bahwa implementasi realtime tactical pathfinding dengan A* dan Reynolds Steering Obstacle Avoidance akan menghasilkan jalur yang lebih panjang dibandingkan dengan penghitungan jalur ulang. Sedangkan untuk pengujian tingkat keamanan aktor pada 50 uji coba dalam skenario 2, menunjukkan bahwa implementasi realtime tactical pathfinding dengan A* dan Reynolds Steering Obstacle Avoidance memiliki tingkat keamanan aktor yang tinggi pada jalur yang dibuatnya dibandingkan dengan aktor yang menggunakan perhitungan jalur ulang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/234/051505139
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Aug 2015 14:02
Last Modified: 20 Oct 2021 13:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146280
[thumbnail of FAIZAL_ABDI_LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FAIZAL_ABDI_LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item