Identifikasi Penyakit pada Daun Padi Menggunakan Citra Digital dan Algoritma Adaptive Neuro Fuzzy Inference System

Anjarwati, ElokFatma (2015) Identifikasi Penyakit pada Daun Padi Menggunakan Citra Digital dan Algoritma Adaptive Neuro Fuzzy Inference System. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Padi (Oryza sativa. L) merupakan salah satu tanaman paling penting di dunia terutama di Indonesia. Salah satu faktor yang dapat mengurangi produksi padi adalah penyakit pada padi. Upaya dalam membantu petani untuk melakukan identifikasi penyakit pada daun padi dapat dilakukan dengan membuat alat bantu atau aplikasi yang dapat melakukan klasifikasi terhadap penyakit pada daun padi. Pembuatan aplikasi identifikasi penyakit pada daun padi dapat menggunakan masukan berupa citra digital yang ditangkap melalui kamera digital. Algoritma Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) merupakan salah satu algoritma yang bersifat jaringan adaptif berbasis sistem inferensi fuzzy, sehingga dapat diterapkan untuk melakukan klasifikasi terhadap penyakit pada daun padi. Proses identifikasi penyakit pada daun padi diawali dengan preprocessing untuk perbaikan citra dengan menggunakan Metode Otsu, dilanjutkan dengan pengelompokan data menggunakan metode K-Means. Kemudian dilakukan klasifikasi menggunakan algoritma Adaptive Neuro Fuzzy Ineference System (ANFIS). Aplikasi dapat mengenali dua jenis penyakit yaitu Bercak Coklat Sempit dan Blas. Hasil rata-rata akurasi terbaik yang diperoleh melalui pengujian aplikasi adalah 84.5% dari 40 data uji dengan menggunakan 160 data latih, maksimum error sebesar 1x〖10〗^(-13), peubah nilai threshold (C) 30, learning rate 0.1, jumlah neuron pada lapisan 1 adalah 2, dan jumlah neuron pada lapisan 2 adalah 2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/210/051505126
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2015 14:17
Last Modified: 20 Oct 2021 12:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146254
[thumbnail of Identifikasi_Penyakit_pada_Daun_Padi_Menggunakan_Citra_Digital_dan_Algoritma_Adaptive_Neuro_Fuzzy_Inference_System.pdf] Other
Identifikasi_Penyakit_pada_Daun_Padi_Menggunakan_Citra_Digital_dan_Algoritma_Adaptive_Neuro_Fuzzy_Inference_System.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item