Audit Layanan Sistem Informasi Manajemen Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library (Itil) V3 (Studi Kasus: E-Government Dinas Kominfo Kota Malang

Rahayu, LidiaKristiPuji (2015) Audit Layanan Sistem Informasi Manajemen Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library (Itil) V3 (Studi Kasus: E-Government Dinas Kominfo Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam INPRES No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pembangunan e-Government, disebutkan bahwa implementasi e-Government merupakan upaya penyelenggaraan kepemerintahan berbasis elektronik untuk meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisisen. Ditinjau dari fungsi pelayanannya, e-Government berpengaruh besar terhadap proses bisnis yang berjalan. Sehingga menjadi bagian yang rawan ketika mengalami masalah. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan audit layanan sistem informasi berdasarkan kerangka kerja ITIL v3 pada ¬e-government Dinas Kominfo Kota Malang. Pengukuran tingkat kematangan (Maturity Level) menggunakan kuisioner dan wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh, tingkat kematangan saat ini berada pada level 1.23 dan 0.68 dari skala 0 sampai 5. Sedangkan tingkat kematangan yang diharapkan oleh Bidang APTIKA (Aplikasi dan Informatika) Dinas Kominfo Kota Malang berada pada level antara 3 dan 4 dari skala 0 sampai 5 dalam waktu 3-5 tahun kedepan. Berdasarkan tingkat kematangan saat ini maka akan diberikan susunan rekomendasi yang dapat membantu Pihak Kominfo untuk dapat mencapai tingkat kematangan yang diharapkan di masa yang akan datang. Rekomendasi yang diberikan untuk Bidang APTIKA antara lain melakukan setiap proses yang sesuai dengan kerangka kerja ITIL, melakukan dokumentasi dari setiap proses yang dilakukan, dan pemberian pelatihan kepada seluruh staff.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/150/051504478
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Aug 2015 10:35
Last Modified: 20 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146187
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item