Sistem Rekomendasi Penanaman Jenis Tanaman Pangan Berdasarkan Kondisi Lahan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Sa

Burhan, Marwa (2015) Sistem Rekomendasi Penanaman Jenis Tanaman Pangan Berdasarkan Kondisi Lahan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Sa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi sumberdaya lahan di Kota Batu cukup tinggi, baik dari segi luas lahan maupun alternatif komoditas yang dapat dikembangkan. Namun, pemerintah masih mengalami kesulitan dalam penetuan jenis tanaman pangan yang akan ditanaman. Hal ini dikarenakan ketersediaan data mengenai kondisi parameter dalam penentuan kelas kesesuaian lahan ini kadang tidak sesuai dengan data yang telah ada sehingga dalam penentuan kesesuaian lahan ini masih mengalami kesulitan. Metode yang dapat digunakan untuk memberikan hasil rekomendasi yang sesuai dengan kondisi lahan yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW ini akan menentukan nilai kepentingan masing-masing kriteria, normalisasi matriks, serta menghitung nilai preferensi. Jenis tanaman pangan yang direkomendasikan pada penelitian ini ada 9 yaitu : kacang hijau, kacang tanah, kacang tunggak, kacang panjang, ubi kayu, ubi jalar, buncis, kedelai, dan jagung. Adapun kriteria yang digunakan ada 13 yaitu : kedalaman tanah, tekstur, drainase tanah, curah hujan, temperatur, lereng, pH H2O, C-organik, KTK liat, kejenuhan basa, bahaya erosi, kedalaman sulfidik, dan kelembaban udara. Metode pembobotan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode entropy. Metode entropy akan menghitung nilai normalisasi matriks, nilai entropy, nilai dispersi dan nilai bobot. Hasil akurasi sistem yang didapatkan dengan menggunakan threshold dan bobot terbaik dari hasil pengujian sebesar 86.32%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/139/051504269
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Aug 2015 08:54
Last Modified: 20 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146177
[thumbnail of Sistem_Rekomendasi_Penanaman_Jenis_Tanaman_Pangan_Berdasarkan_Kondisi_Lahan_Menggunakan_Metode_SAW.pdf]
Preview
Text
Sistem_Rekomendasi_Penanaman_Jenis_Tanaman_Pangan_Berdasarkan_Kondisi_Lahan_Menggunakan_Metode_SAW.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item