Rancang Bangun Sistem Komunitas Berbagi Informasi Resep Dan Lokasi Kuliner Berbasis Mobile

Trihatmaja, Rachmadian (2015) Rancang Bangun Sistem Komunitas Berbagi Informasi Resep Dan Lokasi Kuliner Berbasis Mobile. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tren kuliner diikuti dengan budaya berbagi informasi kuliner melalui media sosial. Hal tersebut berpengaruh pada munculnya referensi kuliner yang berserakan di berbagai media cetak dan elektronik. Penggunaan media-media tersebut kurang efektif karena penelusuran informasi kuliner dari sumber yang tidak tertata membutuhkan waktu yang lama, agar mudah diperoleh sebaiknya referensi kuliner dikumpulkan dalam suatu wadah yang mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media yang dapat digunakan sebagai wadah bagi orang-orang yang antusias di bidang kuliner baik dalam berbagi atau hanya sekedar mencari informasi kuliner.Aplikasi dibuat dengan menerapkan sistem komunitas yang diimplementasikan pada perangkat mobile untuk memberikan kemudahan dalam berbagi informasi. Proses pembuatan aplikasi dilakukan dengan menerapkan konsep pengembangan aplikasi Hybrid yang memungkinkan aplikasi native dibangun menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, dan JavaScript. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, aplikasi dapat diterima sebagai media untuk berbagi dan mencari informasi kuliner yang diukur dari segi manfaat, kepuasan, kemudahan dalam penggunaan, dan kemudahaan untuk dipelajari dengan persentase sebesar 86,46%.

English Abstract

Culinary trends followed by the culinary culture of sharing information through social media,as shown on the scattered of culinary referencesin various printedor electronics media. The use of these media are less effective because search culinary information from not orderly sources takes a long time, culinary reference should be collected in a container that is easily accessible. This study aims to create an online media that can be used as a forum for people who are enthusiastic in the culinary field either in sharing or just looking for a culinary information. Application is made by applying a community system that is implemented on mobile devices to provide ease of sharing information. The application process is done by applying the concept of Hybrid application development that enables native applications built using the programming language HTML, CSS, and JavaScript. Based on the research conducted, the application can be accepted as a media to share and search for culinary information that is measured in terms of usefulness, satisfaction, ease of use, and ease of learn with a percentage of 86.46%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/13/051500484
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 28 Jan 2015 11:07
Last Modified: 09 Nov 2021 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146167
[thumbnail of Laporan_-_Rachmadian_Trihatmaja_-_105060800111025.pdf]
Preview
Text
Laporan_-_Rachmadian_Trihatmaja_-_105060800111025.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item