Sari, RenzyNuritha (2015) Penyelesaian Multiple Travelling Salesperson Problem (M-TSP) dengan Algoritma Genetika : Studi Kasus Pendistribusian Air Mineral. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Air mineral merupakan kebutuhan pokok yang berfungsi sebagai pelarut zat-zat nutrisi dan juga sebagai pembawa oksigen keseluruh tubuh manusia. Oleh karena itu manusia membutuhkan air mineral, tidak heran jika muncul berbagai macam air mineral instan dalam berbagai macam kemasan dan merek. Kemasan yang tersedia saat ini ada berbagai variasi, yaitu dalam gelas, botol, dan galon. Kemasan gelas dan botol biasanya bermanfaat saat seseorang sedang bepergian sedangkan galon biasanya dimanfaatkan sebagai kebutuhan rumah tangga. Banyaknya tuntutan kepada manusia untuk bekerja menjadikan manusia saat ini lebih suka dengan sesuatu yang instan. Sehingga saat ini manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya akan memilih yang serba instan salah satunya air mineral. Mereka cukup memesan lewat SMS (Short Message Service). Pada skripsi ini sales yang terlibat lebih dari satu orang sehingga permasalahan disebut sebagai Multiple Travelling Salesperson Problem (M-TSP). Tujuan dari skripsi ini adalah mencari rute terpendek yang akan dilewati oleh semua sales. Algoritma genetika merupakan salah satu metode yang dapat menyelesaikan masalah M-TSP dimana algoritma genetika akan membangkitkan beberapa alternatif solusi (individu) yang kemudian dilakukan proses mutasi dan crossover untuk menambah variasi dari individu. Setelah itu baru akan dilakukan proses seleksi individu sesuai dengan yang diharapkan. Pada proses algoritma genetika ini menggunakan representasi permutasi dengan panjang kromosom sesuai dengan banyaknya pesanan pelanggan, yang setiap angka pada gennya merepresentasikan nomor pelanggan, metode crossover yaitu one-cut point, metode mutasi dengan exchange mutation dan diseleksi dengan roulette wheel. Dari hasil pengujian yang dilakukan diperoleh parameter optimal yaitu ukuran populasi sebesar 100 individu dengan rata-rata fitness sebesar 0.770, 80 generasi dengan rata-rata fitness sebesar 0.772 dan kombinasi cr = 0.9 dan mr 0.1 dengan rata-rata fitness sebesar 0.773. Hasil akhir berupa kombinasi urutan pelanggan yang harus dikunjungi oleh masing-masing sales beserta dengan total jarak yang paling minimum.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2015/118/051504226 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Aug 2015 10:11 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 07:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146154 |
Preview |
Text
RENZY_NURITHA_SARI_-_115060801111050_-_Skripsi.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |