Rancang Bangun Mobile Game Pengenalan Tanaman Herbal pada Platform Windows Phone

Anggraini, Arianty (2014) Rancang Bangun Mobile Game Pengenalan Tanaman Herbal pada Platform Windows Phone. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara agrarisdimana berbagai tanaman, mulai dari sayur dan buah-buahan yang kaya akan manfaat, tumbuh dengan subur. Namun sayangnya banyak masyarakat yang kurang mengetahui manfaat dari tanaman tersebut.Maka dari itu dibuatlah game adventure untuk mengenalkan sekaligus mengetahui manfaat yang terkandung dalam tanaman tersebut yang dikemas dengan mudah dan menyenangkan.Permainan ini dibuat di tengah minimnya pengetahuan masyarakat tentang tanaman yang semakin hari meninggalkan cara pengobatan tradisional. Mereka cenderung memilih pengobatan modern yang menggunakan obat-obatan kimia karena dipengaruhi oleh majunya dunia kesehatan terutama dibidang farmakologi. Permainan edukasi ini dibuat melalui tahap game concept design dan technical design. Implementasi permainan menggunakan bahasa pemrograman C# dan framework XNA.Untuk pembuatan objek-menggunakan Adobe Flash CS6 dan Adobe Fireworks CS6.Permainan ini dapat diaplikasikan pada platform windows phone.Pengujian aplikasi ini menggunakan metode black-box testing dengan strategi pengujian validasi.Pengujian aplikasi ini menggunakan metode white-box testing meliputi pengujian unit dan integrasi. Pengujian performa permainan dilakukan melalui pengujian Frame Per Second (FPS) dan dihasilkan rata-rata FPS game yaitu 30 FPS. Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa permainan ini telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional.

English Abstract

Indonesia is an agricultural country where a variety of plants, start from vegetables and fruits which provide a lot of usefulness growth well. But unfortunately, many people still lack of information about the usefulness of these plants. So that’s why this adventure game is made to introduce and also to know the benefits that contained in the plant that is packed with easy and fun way. This game is made in the middle of public knowledge deficiency about the plants, which is increasingly leaving traditional treatments. They tend to choose modern medicine that uses chemical drugs because they are influenced by the advance of the hygiene framework, especially in the field of pharmacology. This educational game created through the stages of game concept design and technical design. This game’s Implementation use C# programming language and the XNA framework. For the making of the object, we use Adobe Flash CS6 and Adobe Fireworks CS6. This game can be applied to windows phone platform. This application use black - box testing with strategy of validation testing. This application testing use white - box testing includes unit testing and integration testing. Testing is done by testing the performance of the game Frames Per Second ( FPS ) and the result is it produced an average of 30 FPS in this game. From the test results it was concluded that this game has met the functional and non- functional requirements.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2014/67/051402731
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 May 2014 08:51
Last Modified: 09 Nov 2021 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146106
[thumbnail of 0910683020-Arianty.pdf]
Preview
Text
0910683020-Arianty.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item