Trialih, Rahmat (2014) Penggunaan Usability Testing Untuk Menguji Prototype Crm Pada Cv Tiga Putra. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bisnis mebel merupakan bisnis yang menguntungkan, keuntungan yang bisa didapat dari penjualan mebel mencapai 30%. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan-perusahaan mebel baru bermunculan. Customer Relationship Management (CRM) adalah sistem yang membantu perusahaan dalam mengelola semua aspek dari hubungan dengan pelanggan, termasuk dari segi pemasaran dan promosi, penjualan, layanan pelanggan setelah penjualan, dan juga program - program untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Tujuan utama dari CRM adalah mendapatkan pelanggan baru sebanyak-banyaknya, membina hubungan / relasi dengan tiap-tiap pelanggan, dan mempertahankan pelanggan lama yang potensial bagi perusahaan. CV. Tiga Putra merupakan salah satu perusahaan mebel yang berada di kota Malang. Mereka tidak memiliki suatu sistem yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan secara online, mendata pelanggan, dan memberikan informasi produk perusahaan ke kalangan luas dengan media internet. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba merubah sistem lama dengan sistem baru dengan pendekatan CRM. Dalam analisa dan perancangan sistem informasi berbasis CRM ini, penulis membangun aplikasi dengan berfokus pada fungsi kerja CRM yaitu Marketing Automation dan Customer Support. Hasil pengujian dari penelitian ini menggunakan pengujian black-box dan usability testing. Berdasarkan pengujian black-box, sistem telah dapat berjalan dengan baik tanpa error. Berdasar pengujian usability testing, 52,38% customer berpendapat setuju dalam variabel kemudahan sistem dan 52.38% berpendapat setuju dalam variabel kenyamanan tampilan sistem. Ini berarti sistem baru yang dibuat sudah dapat diterima dengan baik oleh customer.
English Abstract
Selling furniture is a profitable business, the profit can be gained from the sale of furniture reaches 30%. It leads to the growth of new furniture companies. Customer Relationship Management (CRM) is system that helps a company manage all aspects of customer encounters, including marketing and advetising, sales, customer service after the sale, and programs to retain loyal customers. The main goals of CRM are to acquire new customer as much as possible, build a relationship with each customer, and maintain old customer that has potential for company. Tiga Putra firm is one of meubel company that located in Malang. Tiga Putra doesnt have a system that can be used to order by onine, record the customers, and give their product information to the broad market with internet. In this research, the author try to replace the old system with new system with CRM approach. In this analysis and design of new information sysem with CRM aproach, author build aplication that focus on work function CRM those are marketing automation and customer support. The test of this research uses black-box testing and usability testing. Based on the black-box testing, the sistem has worked properly without error. Based on usability testing, 52,38% customers said agree in the ease of system variables and 52.38% said agree in the sytem view comfortable. These mean new system that build has been well received by customers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2014/62/051402503 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 24 Apr 2014 11:20 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146102 |
Preview |
Text
SKRIPSI_FINAL_revisi_2.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |