Rancang Bangun Sistem Customer Relationship Management (Crm) Dengan Menggunakan Metode Service Oriented Architecture (Soa) Di Udd (Pmi-Gresik)

Lestari, OktavikaDewi (2014) Rancang Bangun Sistem Customer Relationship Management (Crm) Dengan Menggunakan Metode Service Oriented Architecture (Soa) Di Udd (Pmi-Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketersediaan Jumlah Darah Merupakan Salah Satu Tugas Penting Dari Udd (Pmi-Gresik). Upaya Dalam Menjalankan Tugasnya Adalah Selalu Menjaga Jumlah Dan Kualitas Darah Yang Tersedia Untuk Memenuhi Kebutuhan Pasien (Resipien) . Kurangnya Ketersediaan Darah Disebabkan Karena Masyarakat Yang Tidak Memahami Pentingnya Donor Darah, Oleh Sebab Itu Udd (Pmi-Gresik) Melakukan Berbagai Macam Upaya. Salah Satu Upaya Yang Telah Dilakukan Adalah Meningkatkan Kualitas Pelayanan . Peningkatan Kualitas Pelayanan Dilakukan Dengan Strategi Customer Relationship Management (Crm) . Strategi Crm Merupakan Strategi Pemasaran Yang Membangun Relasi Yang Erat Antara Perusahaan Dengan Para Pelanggannya. Pada Penelitian Ini, Penulis Melakukan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Strategi Crm Berbasis Web Dengan Metode Service Oriented Architecture (Soa). Penulis Dalam Hal Ini Akan Mengombinasikannya Dengan Modul-Modul Yang Telah Disediakan Oleh Sistem Informasi Di Udd (Pmi-Gresik). Perancangan Web Crm Yang Menerapkan Metode Soa Ini Untuk Mempermudah Akses Data Antar Aplikasi. Proses Pengujian Penelitian Ini Menggunakan Metode Pengujian Black-Box , Aplikasi Berjalan Dengan Baik Dan Hasilnya Sesuai Dengan Yang Diharapkan

English Abstract

Availability Of The Amount Of Blood Is One Of The Important Duty Of The Udd—Unit Donor Darah (Blood Donation Unit), Pmi-Gresik (Gresik Committee Of The Red Cross). Its Efforts In Carrying Out Their Duties In Order To Always Keep The Number And Quality Of Available Blood For Fulfill The Needs Of Patients (Recipient). Lack Of Availability Of Blood Caused By People Which Did Not Understand The Importance Of Blood Donation, Therefore Udd Pmi Gresik Undertaking Various Efforts. One Of The Attempts Has Been Done Are Improving The Quality Of Care. Improved Service Quality Conducted By Customer Relationship Management (Crm) Strategy. Crm Strategy Is A Marketing Strategy Were Builds A Close Relationship Between The Company And Its Customers. In This Research, The Authors Conducted Design Of Information Systems Using Web-Based Crm Strategy By The Service Oriented Architecture (Soa) Method. The Author In This Case Will Combine It With Modules That Have Been Provided By The Information Systems In The Udd Pmi Gresik . Crm Web Designing That Implements This Method Of Soa For Facilitate Data Accessing Among Applications. The Testing Process Of This Research Use The Black-Box Testing Methods, Applications Should Run Well And The Results Are As Expected.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2014/41/051400481
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Feb 2014 11:01
Last Modified: 20 Oct 2021 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146084
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item