Penerapan Metode F-Knn Untuk Pengklasifikasian Spam Email Dengan Pembobotan WIDF

Fajrin, Novia (2014) Penerapan Metode F-Knn Untuk Pengklasifikasian Spam Email Dengan Pembobotan WIDF. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengimplementasikan metode FK-NN dengan pembobotan WIDF untuk mengklasifikasikan spam email . Data yang digunakan pada penelitian adalah kumpulan email dari website spamassassin dengan kategori ham dan spam . Sistem yang dibuat menggunakan metode FK-NN yang merupakan gabungan dari metode Fuzzy dan K-NN. Pada metode ini, data uji yang diklasifikasikan akan diberi nilai keanggotaan pada masing-masing kelas ( ham dan spam ). Selain itu pada tahap preprocessing terdapat proses pembobotan ( term weighting ) yang menggunakan metode WIDF. Kelebihan dari WIDF adalah memperhitungkan frekuensi kemunculan suatu term pada suatu dokumen dan menormalisasikannya ke keseluruhan dokumen , membuat metode ini lebih baik dibanding yang lainnya . Pada penelitian ini dilakukan pengujian 50 data email dengan variasi jumlah data latih sebanyak 4, yaitu 50, 100, 150, dan 200. Hasil dari pengujian menunjukkan nilai f-measure tertinggi sebesar 0.98 dan nilai rata-rata f-measure sebesar 0.94675.

English Abstract

This research implements FK-KNN with WIDF term weighting method to classify spams. We use collection of ham and spam emails provided by spamassassin as our data sample. FK-NN is a combination of Fuzzy and K-Nearest Neighbour. Using this method, the data sample will be given a membership value to each class (ham and spam). Moreover, we use WIDF term weighting method in preprocessing stage. The ability to calculate the frequency of terms appeared on the document and normalize the value to all documents makes this method better than the other. We also performs a test for 50 email with 4 variety of training sets i.e 50, 100, 150, and 200.The result of the tests showed us that the highest f-measure is 0.98 and the average f-measure is 0.94675 .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2014/268/051500392
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 26 Jan 2015 13:20
Last Modified: 09 Nov 2021 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146063
[thumbnail of Skripsi_full.pdf]
Preview
Text
Skripsi_full.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item