Rancang Bangun Sistem Informasi Jual Beli Bahan Pangan Dan Pertanian Berbasis Web.

Pranadipa, Rendra (2014) Rancang Bangun Sistem Informasi Jual Beli Bahan Pangan Dan Pertanian Berbasis Web. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kehidupan perekonomian petani di Indonesia yang masih di bawah angka normal pendapatan masyarakat adalah permasalahan yang dihadapi bersama. Berkaitan dengan hal ini kebutuhan pangan dan pertanian adalah bagian penting bagi kehidupan masyarakat. Produksi pertanian ditangani seluruhnya oleh para petani. untuk itu kehidupan petani harus lebih ditingkatkan agar kesejahteraan petani semakin baik. Dari sumber yang didapatkan dari BPS (Badan Pusat Statistika) kehidupan ekonomi petani di Indonesia masih dibawah angka normal masyarakat dengan pendapatan menengah. Berdasarkan permasalahan petani inilah maka diperlukan suatu sistem yang dapat membantu petani dalam meningkatkan taraf kehidupan yang lebih baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memasarkan produk pertanian secara luas dan cepat kepada konsumen. Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan menyediakan media sistem informasi berupa website yang dikelola langsung oleh petani dalam memasarkan produk petanian. Sistem Infromasi Jual Beli Bahan Pangan dan Pertanian adalah suatu aplikasi yang dapat membantu petani ataupun pembeli untuk memasarkan dan mencari produk yang dinginkan. Bagi petani yang ingin menjual produk pertaniannya dapat menggunakan aplikasi ini kapan saja dan dimana saja karena aplikasi berbasis web dan dibantu oleh internet untuk menjalankannya. Pengujian aplikasi dilakukan dengan metode black box testing yaitu validation testing dan usability testing. Dari hasil pengujian didapatkan nilai prosentase yang positif baik dari validation testing dan usability testing dengan nilai 100% untuk pengujian validation. Untuk pengujian usability nilai dari index akseptansi dari pertanyaan 1 sebesar 87,65 %, pertanyaan 2 sebesar 81,77%, pertanyaan 3 sebesar 80,59%, pertanyaan 4 sebesar 80,00% dan pertanyaan 5 sebesar 77,65%.

English Abstract

The life of farmers in Indonesia economically lies below the average income of the society and in fact faces too many problems. One of the problems related, is the need for food and agricultural stuff that are considerably essensial to these people. Agricultural production is handled entirely by the farmers. for the life of the farmers must be improved in order to better the welfare of farmers. From sources obtained from the BPS (Central Bureau of Statistics) economic life of farmers in Indonesia is still below the normal number of middle income communities. Based on the problems, we need a system that can assist farmers in improving the standard of living better. One of the things that can be done is to market their agricultural products more quickly and accurately to consumers. One of the thing that can be done by providing media information system in the form of a website that is managed directly by the farmers in marketing their agricultural products. Food and Agricultural Materials Trading System is an application that can help farmers or buyers to market and find a desired product. For farmers who want to sell agricultural products to use the application at any time and anywhere because of web based applications and supported by the internet to run. Application testing is done with black box testing method that is Validation testing and usability testing. From the test results, the percentage of positive recovered well from the validation testing and usability testing with a value of 100% for validation testing. To test the usability of the index akseptansi of questions 1 of 87.65%, 81.77% of question 2, question 3 of 80.59%, 80.00% of queries 4 and 5 questions of 77.65%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2014/229/051407522
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Nov 2014 08:19
Last Modified: 20 Oct 2021 04:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146019
[thumbnail of 105060807111017_Rendra_Pranadipa___FIX.pdf]
Preview
Text
105060807111017_Rendra_Pranadipa___FIX.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item