Kompresi Data Teks Dengan Metode Algoritma Huffman Menggunakan Embedded System.

Fadly, ZarkaziFahrojul (2014) Kompresi Data Teks Dengan Metode Algoritma Huffman Menggunakan Embedded System. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kompresi data (pemampatan data) merupakan suatu teknik untuk memperkecil jumlah ukuran data (hasil kompresi) dari data aslinya. Pemampatan data umumnya diterapkan pada mesin komputer, hal ini dilakukan karena setiap simbol yang dimunculkan pada komputer memiliki nilai bit-bit yang berbeda. Pemampatan data digunakan untuk mengurangkan jumlah bit-bit yang dihasilkan dari setiap simbol yang muncul. Dengan pemampatan ini diharapkan dapat mengurangi (memperkecil ukuran data) dalam ruang penyimpanan dan mempercepat pengiriman data. Pengiriman data atau file melalui media jaringan tentu memerlukan bandwidth yang besar apabila ukuran file yang akan dikirim juga besar, sehingga proses pengiriman data yang berkapasitas besar itu akan mengakibatkan jaringan yang ada menjadi sibuk dan membuat pengiriman file memakan waktu yang cukup lama, maka dari itu diperlukan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengkompresi ukuran file berbasis embedded system, sehingga pada saat pengiriman data dapat menghemat penggunaan waktu transfer data. Salah satu algoritma untuk mengkompresi data adalah algoritma Huffman. Pemakaian Algoritma Huffman ini karena sifatnya yang Loseless, dimana teknik kompresi data hasil kompresi dapat didekompres lagi dan hasilnya sama seperti data sebelum proses kompresi, sehingga proses transfer file akan menjadi lebih maksimal dan mengurangi waktu transfer file.Kompresi data (pemampatan data) merupakan suatu teknik untuk memperkecil jumlah ukuran data (hasil kompresi) dari data aslinya. Pemampatan data umumnya diterapkan pada mesin komputer, hal ini dilakukan karena setiap simbol yang dimunculkan pada komputer memiliki nilai bit-bit yang berbeda. Pemampatan data digunakan untuk mengurangkan jumlah bit-bit yang dihasilkan dari setiap simbol yang muncul. Dengan pemampatan ini diharapkan dapat mengurangi (memperkecil ukuran data) dalam ruang penyimpanan dan mempercepat pengiriman data. Pengiriman data atau file melalui media jaringan tentu memerlukan bandwidth yang besar apabila ukuran file yang akan dikirim juga besar, sehingga proses pengiriman data yang berkapasitas besar itu akan mengakibatkan jaringan yang ada menjadi sibuk dan membuat pengiriman file memakan waktu yang cukup lama, maka dari itu diperlukan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengkompresi ukuran file berbasis embedded system, sehingga pada saat pengiriman data dapat menghemat penggunaan waktu transfer data. Salah satu algoritma untuk mengkompresi data adalah algoritma Huffman. Pemakaian Algoritma Huffman ini karena sifatnya yang Loseless, dimana teknik kompresi data hasil kompresi dapat didekompres lagi dan hasilnya sama seperti data sebelum proses kompresi, sehingga proses transfer file akan menjadi lebih maksimal dan mengurangi waktu transfer file.

English Abstract

Compression of data (data compression) is a technique to reduce the amount of data size (yield compression) of the original data. Data compression is generally applied to the engine computer, this is done because each symbol is displayed on a computer has a value different bits. Data compression is used to reduce the number of bits generated from each symbol appears. With this compression is expected to reduce (reduce the size of the data) in the storage space and speed up the delivery of data. Delivery of data or files over the network media would require large bandwidth if the file size is too large to be sent, so that the large-capacity data transmission that will result in the existing network to be busy and make delivery of files can take a long time, therefore it is necessary an application that serves to compress the file size based embedded systems, so that when the data transmission time can save data transfer usage. One algorithm for compressing the data is Huffman algorithm. Use of this Huffman algorithm because it is loseless, wherein the compressed data compression techniques can didekompres again and the result is the same as the data before compression process, so that the file transfer process will be more leverage and reduce file transfer time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2014/210/051406225
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Oct 2014 15:04
Last Modified: 20 Oct 2021 04:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145998
[thumbnail of ZARKAZI_FAHROJUL_FADLY_NIM._0910683103.pdf]
Preview
Text
ZARKAZI_FAHROJUL_FADLY_NIM._0910683103.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item