Optimasi Pengerjaan Paket Cucian Pada Loundry Menggunakan Algoritma Genetika Untuk Mendapatkan Profit Maksimum.

Putra, RhizmaIsvaPermata (2014) Optimasi Pengerjaan Paket Cucian Pada Loundry Menggunakan Algoritma Genetika Untuk Mendapatkan Profit Maksimum. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengerjaan paket cucian loundry dengan menggunakan algoritma genetika merupakan sistem yang digunakan untuk mempermudah pengerjaan order paket cucian secara sekaligus. Sistem akan menghitung hingga mendapatfitness value tertinggi yang merupakan solusi terbaik untuk mendapatkan profit tertinggi/maksimum. Sistem ini bekerja dengan urutan metode pembangkitan populasi awal, seleksi roda roulette, crossover, dan mutasi. Offspring yang dihasilkan akan dihitung nilai fitnesnya. Sistem akan melakukan beberapa iterasi hingga didapat generasi yang mempunyai nilai fitness tertinggi. Hasil dari pengujian sistem yang dilakukan terhadap data keseharian order loundry yang terpilih adalah pengurutan pengerjaan order paket cucian yang efisien dan optimal. Dengan hasil yang optimal maka akan didapat profit yang maksimum.Pada hasil yang telah didapatkan, dapat diketahui bahwa dengan Peluang Crossover 90% dan Peluang Mutasi 90% mendapatkan rata-rata fitness yang terbaik dari semua dengan nilai 318056. Rata-rata fitness terendah didapatkan pada Peluang Crossover 30% dan Peluang Mutasi 50% dengan nilai 304444. Rata-rata dari semua perhitungan adalah 301818.78. Parameter terbaik akan digunakan untuk pengujian data. Hasil Pengujian data dengan menggunakan data 1 bulan adalah 34 deadline tidak terpenuhi. Hasil yang didapat dengan menggunakan algoritma genetika lebih baik daripada tidak menggunakan sistem yaitu 40 deadline paket cucian tidak terpenuhi.

English Abstract

Laundry package washing operation using genetic algorithm is a system used to make washing operations in laundry finish more easily. The system will calculate until it get highest fitness value which is the best solution for obtaining maximum profit. This system operate using generation of 1st population, roulette wheel selection, crossover, and mutation. The offsprings that generated from previous operation before will be calculated their fitness value. The system will run for some iterations until it get the highest fitness generation. The result from this system test which was done toward selected daily laundry data was an efficient and optimum operation of laundry package washing. With this optimal result, the maximum profit will be obtained. From the obtained result, can be known by 90% crossover chance and 90% mutation chance obtained the best fitness average which the fitness result was 318056. The lowest fitness average obtained from 30% crossover chance and 50% mutation chance with 304444 fitness value. The average result from all calculation are 301818.78. The best parameter will be used for data tests. The result from1 month of datas are 34 deadline can’t be achieved. The result from using genetic algorithm were better than using convensional method which is 40 deadline cant be achieved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2014/203/051406218
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Oct 2014 14:27
Last Modified: 20 Oct 2021 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145991
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item