Rancang Bangun Pembangkit Level Berbasis Rhytm untuk 2D Endless Running Platformer Games.

FanshuriA, GustiAhmad (2014) Rancang Bangun Pembangkit Level Berbasis Rhytm untuk 2D Endless Running Platformer Games. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seorang perancang game memiliki peranan penting dalam pengembangan game terutama perancangan suatu level. Namun dalam endless running platformer games perancang game tidak dapat merancang level yang tidak ada akhirnya. Sehingga platform yang dihasilkan merupakan bangkitan dari procedural content generator. Dengan sepenuhnya level dihasilkan dari procedural content generator seorang perancang game tidak dapat mengontrol rancangan level yang diinginkan. Salah satu metode untuk membangkitkan level dimana seorang perancang game memiliki kontrol yang lebih yaitu dengan pembangkit level berbasis rhytm. Metode ini memanfaatkan aksi yang akan dilakukan oleh pemain dalam waktu tertentu. Platform yang dihasilkan beragam, terjamin dapat dimainkan dan memiliki kontrol yang lebih bagi perancang game. Namun pembangkit level berbasiskan rhytm yang sebelumnya diimplementasikan pada 2D platformer games memiliki batas waktu (finite time) dan penempatan dataran terendah menggunakan posisi y paling rendah. Sedangkan endless running platformer games tidak memiliki batas waktu (infinite time) dan posisi y paling rendah tidak dapat diprediksi karena konten dibangkitkan terus menerus. Hal ini dapat diatasi dengan menentukan jumlah level dan mengulang level tersebut secara terus menerus. Saat level kembali ke level pertama maka kecepatan dinaikan. Dan untuk mengatasi dataran terendah dapat dikontrol dengan sky point dan ground point. Hasilnya dengan pendekatan tersebut pembangkit level berbasis rhytm dapat diaplikasikan dalam endless running platformer games. Waktu paling lama yang diperlukan dalam membangkitkan level dengan 30 kandidat level sebesar 6,769 detik. Lama waktu tersebut cukup untuk membangkitkan level terus menerus. Nilai linearity rata-rata sebesar 0,73 menunjukan level hasil bangkitan cenderung linear dan nilai leniency rata-rata sebesar 0,45 menunjukan level hasil bangkitan tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah.

English Abstract

A game designer has an important role in the game development, especially in designing a level. But in the endless running platformer games, the game designer can not design an endless levels . therefore the platform is the result of procedural content generator. With a fully generated levels of procedural content generator, the game designer can not control the design of the desired level. A method for generating a level where the game designer has control over the level is using a rhytm based level generator. This method utilizes the action to be performed by the player in a certain time. The platform has many variety, guaranteed to be played and have more control for the game designer. However, the level of rhytm-based level generator previously implemented in 2D platformer games have a time limit (finite time) and to tying platforms to a common ground plane using the lowest y position. While running endless platformer games have no time limit (infinite time) and the lowest y position can not be predicted because the content generated continuously. This can be resolved by determining the number of levels and the level repeated continuously. If the level back to the first level then the speed will be increaseded. And tying platforms to ground plane can be controlled by sky and ground point. The results with this approach can be applied in a rhythm-based endless running platformer games. The generated level guaranteed to be playable and have more control for the game designer. The longest time to generate the level of the 30 candidate level is 6.769 seconds. The length of time is sufficient to generate a continuous level. The average value of the linearity is 0.73, indicates that the generated level is linear and the average of leniency is 0.45 indicates that the generated level was not too hard and not too easy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2014/198/051406213
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2014 13:59
Last Modified: 20 Oct 2021 04:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145985
[thumbnail of Skripsi-Gusti-A-Fanshuri-_13.pdf]
Preview
Text
Skripsi-Gusti-A-Fanshuri-_13.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item