Desain dan Implementasi Virtual Reality 3D Perpustakaan Universitas Brawijaya.

Suwarto, IputTaufiqurrohman (2014) Desain dan Implementasi Virtual Reality 3D Perpustakaan Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan adalah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku menggunakan biaya sendiri. Saat mengunjungi perpustakaan seringkali pengunjung menemukan sebuah denah. Denah perpustakaan juga digunakan para pengunjung untuk mencari lokasi buku atau tempat bacaan. Namun, apabila perpustakaan yang dikunjungi sangat luas dan memiliki beberapa lantai, terkadang denah tidak terlalu banyak membantu, dan akhirnya pengunjung pun merasa kesulitan untuk menemukan tempat yang diinginkan. Permasalahan ini diambil untuk merancang sebuah perpustakaan virtual dengan menggunakan teknologi Virtual Reality. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah alternatif yang dapat membantu pemahaman mengenai isi dari suatu arsitektur bangunan lebih dari penggambaran secara 2D atau teks dalam sebuah media yakni melalui Virtual Reality yang berjudul "Virtual Reality 3D Perpustakaan Universitas Brawijaya". Metode dan perancangan Virtual Reality ini memerlukan 3 fase yaitu observasi. perancangan, dan implementasi. Ketiga fase tersebut diperlukan dalam menyeleseikan Virtual Reality ini, dengan memberikan arsitektur bangunan yang menyerupai perpustakaan secara 3D. Dari hasil pengujian yang dilakukan, mulai uji validitas, unit, pengujian pengguna dan performa didapatkan kesimpulan bahwa Virtual Reality 3D perpustakaan ini telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional serta menghasilkan persyaratan minimum spesifikasi perangkat keras untuk mengeksekusi Virtual Reality ini dengan mengambil tingkat performa berdasarkan FPS (Frame per Second).

English Abstract

A library is organized for use and maintained by a public body, an institution, a corporation, or a private individual. Public and institutional collections and services may be intended for use by people who choose not to—or cannot afford to—purchase an extensive collection themselves, who need material no individual can reasonably be expected to have, or who require professional assistance with their research. when the visitors arrive at the library, they always find the site plan. this site plan use to search location of the book. However, if that library has very big area and more than one floor, sometimes a site plan cannot cover all of the location information of the library clearly. Because of that problem, some visitors will be very difficult to find or go to some library place that they want. Therefore , it takes an alternative that can help provide an understanding architecture building over 2D representations in a media that is through a Virtual Reality entitled " Virtual Reality 3D University Of Brawijaya Library". Methods and design of this Virtual Reality requires three phases there are observation, design and implementation. All three phases are necessary in completing this Virtual Reality, by providing architectural building resembling a library in 3D. As a result from testing, ranging from the validity test , unit , integration , and performance, it can be concluded that this virtual reality has fulfilled the functional and non functional requirements and produce the minimum specification hardware requirements to execute the Virtual Reality by taking the level of performance based FPS ( Frames per Second ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2014/196/051405116
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2014 13:43
Last Modified: 20 Oct 2021 04:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145983
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item