Perancangan Game Puzzle untuk Latihan Memahami Cara Kerja Algoritma.

Putri, AnggiMeirania (2014) Perancangan Game Puzzle untuk Latihan Memahami Cara Kerja Algoritma. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Algoritma merupakan kata yang tidak asing lagi untuk para mahasiswa di bidang informatika dan ilmu komputer. Algoritma ini berfungsi sebagai fondasi untuk menyelesaikan suatu masalah secara terstruktur, efektif, dan efisien. Namun dalam penerapannya, banyak mahasiswa di bidang informatika/ilmu komputer yang masih kesulitan untuk memahami cara kerja algoritma. Maka dari itu, dibuatlah game puzzle untuk membantu latihan dalam memahami cara kerja algoritma. Perancangan game ini diharapkan dapat membantu mahasiswa informatika/ilmu komputer khususnya mahasiswa baru untuk memahami langkah-langkah dalam algoritma. Algoritma direpresentasikan dalam bentuk flowchart yang telah dimodifikasi agar dapat menarik minat mahasiswa untuk belajar lebih memahami algoritma. Perancangan game edukasi ini dibuat melalui tahap game concept design dan technical design. Implementasi perancangan permainan menggunakan bahasa pemrograman C#. Untuk pembuatan objek permainan menggunakan CorelDRAW X4 dan Unity 4. Permainan ini dapat diaplikasikan pada platform Windows PC. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode White-Box Testing yang meliputi pengujian unit dan pengujian integrasi. Pengujian pengguna dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada responden mahasiswa informatika/ilmu komputer. Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa permainan ini telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional.

English Abstract

The algorithm is a word that is familiar to the informatics and computer science students. Function of algorithm is as a foundation to resolve a problem in a structured, effective, and efficient. But in practice, informatics / computer science students is still difficulty to understand the workings of algorithm. Therefore, made puzzle game to help understanding the workings of algorithm. The design of this game is expected to help informatics / computer science students, especially new students to understand the steps in algorithm. The algorithm is represented in the form of a flowchart that has been modified in order to attract students to learn and understand the algorithms. The design of this educational game created by stage game concept design and technical design. Game design implementation using the C# programming language. For the object of making games using CorelDRAW X4 and Unity 4. These games can be applied to the Windows PC platform. This application testing using White-Box Testing that includes the unit testing and integration testing. User testing is done by distributing questionnaires to the respondent informatics / computer science students. From the test results it was concluded that this game has met the functional and non-functional requirements.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2014/181/051404694
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Aug 2014 09:22
Last Modified: 20 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145967
[thumbnail of skripsi_fix_laporan.pdf]
Preview
Text
skripsi_fix_laporan.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item