Astiti, DitaNurYuni (2014) Analisa dan Perancangan Sistem Pembuatan Layanan Surat di Tingkat Kelurahan (Studi Kasus : Kelurahan Tlogowaru Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saat ini kegiatan administrasi di bidang kependudukan yang berupa layanan surat yang dikeluarkan di tingkat kelurahan sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia guna mendapatkan sebuah pengakuan resmi dari pemerintah Indonesia. Namun pelayanan pembuatan surat yang dilakukan oleh pihak kelurahan untuk warga masih dilakukan secara manual. Pelayanan yang masih belum terkomputerisasi tersebut menunjukkan bahwa sebenarnya ada tahap- tahap yang masih bisa dioptimalkan untuk mempermudah warga dalam mendapatkan pelayanan surat di kelurahan. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem, yang mampu mengintegrasikan setiap tahap yang perlu dilakukan warga mulai dari pembuatan surat pengantar oleh Ketua RT hingga surat selesai ditanda tangani oleh Kepala Kelurahan serta sistem yang mampu melacak sampai pada tahap mana surat tersebut diproses. Pada penelitian ini dilakukan pengujian fungsional, non-fungsional dan perbandingan pemodelan proses bisnis as-is dan to-be. Hasil dari pengujian fungsional dan non-fungsional menunjukkan bahwa sistem telah sesuai dengan kasus uji yang ditentukan di awal, sedangkan perbandingan pemodelan as-is dan to be mampu menunjukkan perubahan peningkatan kemudahan warga dalam mengurus pembuatan surat di tingkat kelurahan.
English Abstract
Currently, the administrative activities in the resident, especially a letter that was made by Kelurahan has become a necessity even an obligation for all of citizen in Indonesia to obtain a legal or official recognition from the Indonesian government. However, the service from Kelurahan for their citizen to obtain that letter are still manually. Because the services are still not computerized, it shows that there are steps that can be optimized to make the citizen obtain that letter easier. So, we need a system which is able to integrate each steps of make a letter from RT, RW and finish at Kelurahan. Each letter that was made by Kelurahan is always based on a letter that was made by Ketua RT and Ketua RW. We also need a system which is able to track in what step the letters are processed so that the citizen can ask their Ketua RT about the letter before go to Kelurahan. In this research,we did the functional testing, non-functional testing and comparative business process modeling between as-is and to-be. The results of functional testing and non-functional testing are already in accordance with the test cases that have been made previously, while the comparison of modeling between as-is and to be able to show that residents can make the letter easier than before.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2014/151/051404259 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 04 Aug 2014 14:40 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 04:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145935 |
Preview |
Text
Dita_Nur_Yuni_Astiti_105060803111013.pdf Download (10MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |