Rancang Bangun Permainan Simulasi Berkendara 3d Pada Platform Pc

Irawan, KukuhHeru (2013) Rancang Bangun Permainan Simulasi Berkendara 3d Pada Platform Pc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rambu-rambu dan peraturan lalu lintas adalah materi yang perlu dipelajari. Selama ini, masyarakat harus belajar dengan menghafal rambu–rambu lalu lintas dan tidak semua rambu-rambu lalu lintas dapat mereka temukan di dunia nyata. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat memberi pembelajaran yang meyenangkan dan memberi pengalaman seperti sebenarnya. Simulasi Berkendara 3D adalah game simulasi yang bertujuan untuk mengenalkan dan memberi pembelajaran mengenai rambu-rambu dan peraturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia. Pada tahap perancangan, kebutuhan dalam pembuatan game disusun dalam game design dan technical design. Kemudian game diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman JAVA dan IDE jMonkeyEngine SDK. Pada saat pengujian unit, disimpulkan bahwa unit modul dari program sudah memenuhi kebutuhan fungsional yang telah dirancang pada tahap perancangan. Pada saat pengujian integrasi, disimpulkan bahwa integrasi dari beberapa unit modul dari program sudah memenuhi kebutuhan fungsional yang telah dirancang pada tahap perancangan. Pada pengujian validasi yang dilakukan pada 10 sistem komputer, hanya 6 sistem komputer dapat mengerjakan semua fungsi dengan baik. Pada pengujian performa dapat ditentukan kebutuhan sistem minimal untuk memainkan game. Hasil playtesting menunjukkan bahwa game dapat memberi pembelajaran lalu lintas dan kepuasan bagi pemain.

English Abstract

Traffic signs and traffic regulation is a subject that needs to be learned. During this time, people had to learn by read and memorize the traffic signs and not all traffic signs they could find in the real world. Based on these problems, it needs a media that can give fun learning and provide such as realistic experiences. 3D Driving Simulation is a game that aimed to introduce and educate traffic sign and traffic regulation of Indonesia. At the design stage, the requirements of the game development arranged in game design and technical design. Then the game is implemented using the JAVA programming language and jMonkeyEngine SDK IDE. At unit testing, it was concluded that the unit module of the program meet the functional requirements that have been designed at the design stage. At integration testing, it was concluded that the integration of some modules of the program unit meets the functional requirements that have been designed at the design stage. In the validation testing performed on the 10 computer systems, only 6 computer systems can do all the game functions properly. In the performance testing, it can be determined the minimum system requirements to play the game. The playtesting results that the game can provide traffic learning and satisfaction for the player.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2013/1/051300931
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 02 Apr 2013 08:50
Last Modified: 23 Oct 2021 09:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145731
[thumbnail of Proposal_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Proposal_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item