Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (Crm) Pada Cv. Mutiara

Mufaroha (2014) Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (Crm) Pada Cv. Mutiara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Customer Relationship Management (Crm) Adalah Sebuah Fungsi Yang Terintegrasi Pada Bisnis Pemasaran, Penjualan, Dan Pelayanan Yang Bertujuan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Mendapatkan, Dan Mempertahankan Pelanggan Yang Dimiliki Perusahaan. Ada Beberapa Hal Yang Mempengaruhi Dibangunnya Sistem Informasi Crm Pada Cv. Mutiara Yaitu Proses Bisnis Yang Masih Manual Dimana Pelanggan Yang Ingin Melakukan Pemesanan Harus Datang Langsung Ke Perusahaan Dan Pelanggan Tidak Mengetahui Secara Jelas Status Pesanan Tersebut. Pelayanan Yang Ada Pada Perusahaan Menyebabkan Perusahaan Kehilangan Pelanggannya. Selain Itu, Perusahaan Tidak Pernah Melakukan Promosi Sebagai Usaha Untuk Mempertahankan Pelanggan Yang Ada. Proses Analisa Kebutuhan Pada Penelitian Ini Menggunakan Pendekatan Enterprise Architecture Planning (Eap) Meliputi Inisiasi Perencanaan, Pemodelan Bisnis, Sistem Dan Teknologi Pada Cv Mutiara, Kebutuhan Arsitektur Data, Aplikasi, Dan Teknologi, Dan Tahap Paling Akhir Yaitu Rencana Implementasi. Hasil Pengujian Sistem Menggunakan Black-Box Menunjukkan Bahwa Seluruh Fungsi Berjalan Dengan Baik Dan Sesuai Dengan Kebutuhan. Dari Hasil User Acceptance Test , Tanggapan User Terbanyak Untuk Variable Kemudahan Sebesar 46% Dan Manfaat Sebesar 50%. Berdasarkan Hasil Pengujian Diatas Dapat Disimpulkan Bahwa Dengan Menggunakan Sistem Informasi Customer Relationship Management Dapat Memberikan Kemudahan Dalam Proses Bisnis Perusahaan Dan Sistem Ini Dapat Diterima Oleh User

English Abstract

Customer Relationship Management (Crm ) That Is Integrating Marketing,Selling, As Well As Service Function Of Business, Has Several Purpose Which Are Improving Customer Satisfaction, Expandly Market And Increasing Customer Loyalty. Cv Mutiara Has Problems That Make It Difficult To Maintain Its Customers, Such Us Manual Order Status And Hard To Promote In The Right Time And Right Person. This Research Aims To Apply Crm In Cv Mutiara In Order To Cope With These Problems. Eap Was Used As Methodological Approach In Building The Crm System. Black-Box Along With Uat Were Chosen To Test The System And The Results Depicted That Most User Accepted With 0% Of Function Error. Based On The Testing Result, It Can Be Concluded That By Applying Crm Approach, Customer Can Be Easily Managed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIIk/2014/13/051400411
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jan 2014 11:11
Last Modified: 23 Oct 2021 08:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145687
[thumbnail of all_skripsi.pdf]
Preview
Text
all_skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item