Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pelanggan Dealer Suzuki Soekarno Hatta Malang Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pelanggan Dealer Suzuki Soekarno Hatta Malang Menggunakan M

Agustina, Silvi (2014) Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pelanggan Dealer Suzuki Soekarno Hatta Malang Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pelanggan Dealer Suzuki Soekarno Hatta Malang Menggunakan M. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dealer Suzuki Soekarno Hatta Malang Merupakan Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Penjualan Sepeda Motor Merk Suzuki, Serta Menyediakan Layanan Servis Dan Penyediaan Suku Cadang. Pengolahan Data Pelanggan Yang Belum Terorganisir Dan Kurang Tepatnya Target Promosi Merupakan Permasalahan Yang Dihadapi Dealer Suzuki Soekarno Hatta Dalam Mencari Pelanggan Yang Memiliki Potensi Besar Dalam Memberikan Keuntungan. Dalam Penelitian Ini Menggunakan Metode AHP Sebagai Metode Pembobotan, Dan Metode SAW Sebagai Metode Perankingan Pelanggan. Kriteria Yang Digunakan Adalah Frekuensi Pembelian, Jenis Pembayaran, Lama Cicilan, Dan Frekuensi Servis Dari Data Pelanggan Dealer Suzuki Soekarno Hatta Tahun 2012. Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Ini Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Dan Database Mysql. Dari Hasil Pengujian Fungsional, Sistem Pendukung Keputusan Ini Telah Memenuhi Analisa Kebutuhan, Dari Hasil Pengujian Sensitivitas Tidak Terdapat Kriteria Yang Sensitif, Dan Dari Hasil Pengujian Penerimaan Pengguna, Rata-Rata Responden Setuju Dengan Kemudahan Dan Manfaat Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pelanggan. Sistem Yang Dibangun Menghasilkan Perankingan Pelanggan Berdasarkan Dengan Preferensi Terbesar 0,9828 Dan Lokasi Promosi Yang Tepat Adalah Kecamatan Sukun Kota Malang. Dengan Adanya Sistem Ini, Diharapkan Dapat Memberikan Solusi Bagi Dealer Suzuki Soekarno Hatta Dalam Mengolah Data Pelanggan Dan Menentukan Prioritas Pelanggan Dan Lokasi Promosi Yang Tepat.

English Abstract

Suzuki Soekarno Hatta Malang Dealer Is A Company Which Runs Suzuki Motorcycle Sales Business, Along With Services And Supply Of Spareparts. An Unorganized Customer Data Processing And Imprecise Promotion Targeting Become The Basic Problem Faced By Suzuki Soekarno Hatta Dealer. Those Problems Has Been Restricted Them In Gaining Potential Customer. This Research Use AHP As Weighting Method, And SAW As Customer Ranking Method. The Criteria Based On The Frequency Of Purchase, Type Of Payment, Term Of Credit, And Frequency Of Services, Which Is Taken From Customer Data In 2012. The Implementation Of This Decision Support System Use PHP Programming Language And Mysql Database. The Result Of Functional Test Shows That Decision Support System Has Met The Requirement Analysis. The Result Of Sensitivity Test Shows That None Of The Criteria Is Sensitive. Last, According To The User Acceptance Test, Most Of Respondent Agrees With Eficiency And Benefit Of This Decision Support System. The Builted System Produce Customer Ranking Based On Value Of Preference Which The Biggest Value Is 0.9828 And The Appropriate Location For Promotion Is Blimbing, Malang. This System Is Expected To Provide Solution For Suzuki Soekarno Hatta Dealer In Processing Customer Data, Prioritizing Customer, And Determining The Appropriate Location For Promotion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIIK/2014/11/051400409
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jan 2014 08:25
Last Modified: 23 Oct 2021 08:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145685
[thumbnail of SILVI_AGUSTINA_0910960018l.pdf]
Preview
Text
SILVI_AGUSTINA_0910960018l.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item