Studi Evaluasi Saluran Drainase Pada Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang

RidwanNH, Muhammad (2017) Studi Evaluasi Saluran Drainase Pada Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada kota kepanjen perkembangan infrastruktur pada saat ini membuat berubahnya tata guna lahan. Perubahan tata guna lahan akan mempengaruhi sistem drainase yang ada pada kota kepanjen. Sistem drainase yang baik dapat membebaskan kota dari genangan air dan banjir sehingga lingkungan sekitar tidak terganggu dan dapat berfungsi secara optimal. Untuk itu diperlukan adanya evaluasi terhadap saluran drainase yang ada pada kelurahan kepanjen sebagai kawasan yang rentan mengalami genangan pada musim hujan. Pada penelitian ini evaluasi kapasitas saluran drainase eksisting kelurahan kepanjen bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya genangan yang sering terjadi apabila musim hujan tiba. Debit rencana yang digunakan pada penelitian ini menggunakan debit rencanan (Qdesain) dengan kala ulang 10 tahun, hal ini berdasarkan perubahan tata guna lahan pada kota kepanjen yang begitu pesat . Dari penelitian yang telah dilakukan terdapat 12 saluran yang tidak dapat menampung debit banjir rencana dengan kala ulang 10 tahun. Untuk mengatasi genangan, rekomendasi yang diberikan pada penelitian ini adalah dengan 3 alternatif yaitu Rehabilitasi saluran drainase dengan mendalamkan saluran drainase, penggunaan sumur resapan, dan penggabungan antara sumur resapan dan rehabilitasi saluran drainase.

English Abstract

Infrastructure developments of Kepanjen City at this time to make changes in land use. Changes in land use will affect the existing drainage system in the city Kepanjen. Good drainage system can liberate the city from puddle and flooding so that the environment is not disturbed and can function optimally. It required an evaluation of the drainage channels in the village Kepanjen as areas prone to inundation during the rainy season. In this study, evaluation the capacity of the existing drainage channels Kepanjen village aims to determine the cause of the puddle that often occurs when the rainy season. Design Discharge that used to research it uses design discharge (Qdesign) by period of 10 years. it is based on changes in land use in the city Kepanjen so advanced. The results of the study there are 12 a channel that cannot accommodate discharge flood plans with period of 10 years. To solve puddles, the recommendations given in this study is the 3 alternativenamely rehabilitation of drainage channels with the deepening of the drainage channel, use infiltration wells, and the merger between infiltration wells and rehabilitation of drainage channels.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/56/051701209
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 20 Feb 2017 10:00
Last Modified: 24 Oct 2021 09:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145609
[thumbnail of 4._RINGKASAN_a.pdf]
Preview
Text
4._RINGKASAN_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._DAFTAR_ISI_SKRIPSI_IDAN.pdf]
Preview
Text
6._DAFTAR_ISI_SKRIPSI_IDAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._BAB_I_SKRIPSI_DRAINASE_IDAN.pdf]
Preview
Text
11._BAB_I_SKRIPSI_DRAINASE_IDAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14._BAB_IV_SKRIPSI_DRAINASE_IDAN.pdf]
Preview
Text
14._BAB_IV_SKRIPSI_DRAINASE_IDAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 13._BAB_III_SKRIPSI_DRAINASE_IDAN.pdf]
Preview
Text
13._BAB_III_SKRIPSI_DRAINASE_IDAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_II_SKRIPSI_DRAINASE_IDAN.pdf]
Preview
Text
12._BAB_II_SKRIPSI_DRAINASE_IDAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 15._BAB_V_SKRIPSI_DRAINASE_IDAN.pdf]
Preview
Text
15._BAB_V_SKRIPSI_DRAINASE_IDAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 16._daftar_pustaka_IDAN.pdf]
Preview
Text
16._daftar_pustaka_IDAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 23._JURNAL_IDAN.pdf]
Preview
Text
23._JURNAL_IDAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 22._COVER_JURNAL_IDAN.pdf]
Preview
Text
22._COVER_JURNAL_IDAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item