Analisis Kebutuhan Jumlah Tenaga Kerja Berdasarkan Beban Kerja dengan Pertimbangan Cardiovascular Load

Ariyanto, Jemi (2017) Analisis Kebutuhan Jumlah Tenaga Kerja Berdasarkan Beban Kerja dengan Pertimbangan Cardiovascular Load. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan menyadari bahwa perhatian khusus pada efisiensi, efektivitas, dan produktivitas masih belum mencukupi dalam pelayanan terhadap konsumen. Masalah yang ditimbulkan dalam peningkatan kualitas dan pelayanan berdampak pada beban kerja yang diterima oleh operator. Beban kerja yang berlebih dapat berakibat buruk pada kualitas dan performansi kerja. Pada stasiun kerja pemasangan baru dan jasa servis dan salon mobil pada CV. Chandra Jaya Variasi Malang terjadi ketidakseimbangan beban kerja antar tenaga kerja. Pada beberapa tenaga kerja mendapatkan beban kerja yang berlebih, sehingga menyebabkan denyut nadi/jantung tinggi dan mengalami kelelahan. Analisis kebutuhan jumlah tenaga kerja diawali dengan mengumpulkan seluruh data beban kerja dan denyut nadi/jantung yang diukur untuk menilai cardiovascular load (%CVL) dan waktu istirahat yang dibutukan tenaga kerja. Metode waktu istirahat digunakan sebagai allowance yang diberikan kepada operator untuk kembali ke kondisi prima. Pengukuran dengan metode stopwatch time study digunakan untuk menetapkan waktu baku pada masingmasing elemen kerja. Bedasarkan data denyut nadi/jantung, operator yang mengalami beban kerja berlebih memiliki resiko kelelahan. Kemudian menghitung kebutuhan jumlah tenaga kerja dari aspek beban kerja ataupun jumlah elemen kerjanya. Berdasarkan hasil perhitungan cardiovascular load (%CVL), terdapat 2 operator memiliki nilai %CVL>30% pada setiap stasiun kerja. Operator 4 dan operator 6 memilki nilai %CVL melebihi batas resiko kelelahan yaitu sebesar 30,23% dan 30,58%. %Istirahat yang pada setiap stasiun kerja memiliki nilai yang sama sebesar 39,55%. Nilai total waktu baku stasiun kerja pemasangan baru dan jasa servis sebesar 822,26 menit dan salon mobil sebesar 510,88 menit. Hasil perhitungan kebutuhan operator setiap stasiun kerja adalah sebanyak 1 orang. Maka direkomendasikan penambahan dari 4 operator stasiun kerja pemasangan baru dan jasa servis menjadi 5 operator dan 2 operator stasiun kerja salon mobil menjadi 3 operator.

English Abstract

The company is aware of special attention on efficiency, effectiveness, and productivity still not sufficiently in service to consumers. The problem caused in improving the quality and services have an impact on the workload accepted by operators. Excessive of workload can be unsavory on quality and work performance. In work station new installations and service, and car salon at CV. Chandra Jaya Variasi Malang occured imbalances of workload between operators. In some operators get excessive of workload, causing a high pulse rate and have a fatigue. Requirement analysis of the number of operators begins with collecting all the data of workload and the pulse measured to rate cardiovascular load (%CVL) and rest time be required of operators. Rest time menthod used as allowance which given to the operators to return to good condition. Stopwatch time study measurement menthod is used to determine the standard working time at each workstation. According to heart rate data, the operators had overload tasks and fatigue risk. Then calculate the requirement the number of operators of the aspects of the workload or the number of work elements. Based on the calculation of cardiovascular load (%CVL), there are 2 operators have value of %CVL>30% at each work station. Operator 4 and operator 6 have value of %CVL exceeds limit the risk of fatigue in the amount of 30,23% and 30,58. %Rest Time of work station have the same value of 39,55%. The total value of standard time work station new installations and service is 822,26 minutes and work station car salon is 510,88 minutes. Based on the calculation of requirement the number operators each work station is 1 operator. It is recommended the additions of 4 operators to 5 operators at work station new installations and service and 2 operators to 3 operators at work station car salon.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/52/051701205
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 20 Feb 2017 09:25
Last Modified: 24 Oct 2021 09:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145605
[thumbnail of JEMI_ARIYANTO_125060700111021.pdf]
Preview
Text
JEMI_ARIYANTO_125060700111021.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item