Adani, SakilaHerfianaSilmy (2017) Analisis ATP/WTP Pada Rencana Jalan Tol Kraksaan - Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Jawa Timur merupakan Provinsi terpadat kedua di Indonesia. Hal tersebut didapat berdasarkan data sensus oleh Badan Pusat Statistik. Kepadatan penduduk di Jawa Timur juga terjadi terhadap bidang transportasi yang semakin meningkat. Meningkatnya kepadatan transportasi tersebut juga terjadi pada Rute Kraksaan-Banyuwangi, rute ini memiliki nilai keselamatan rendah dengan salah satu alasannya yaitu seringnya terjadi kecelakaan pada wilayah sekitar. Guna menangani permasalahan tersebut direncanakan pembangunan tol Kraksaan-Banyuwangi yang juga bertujuan untuk mendukung adanya Tol Trans-Jawa. Rencana pembangunan membutuhkan investasi badan usaha sehingga diperlukan tinjauan terhadap tarif ideal berdasarkan persepsi pengguna menggunakan analisis terhadap kemampuan pengguna dengan metode Abillity To Pay (ATP) dan kemauan pengguna dengan metode Willingness To Pay (WTP). Pengambilan data dilakukan dengan survei menggunakan metode kuisioner dan wawancara terhadap 422 responden secara acak dengan meninjau beberapa karakteristik yang diperlukan dalam penelitian. Survei dilakukan pada kecamatan Besuki dengan dua titik survei yaitu, Banyuglugur dan Arak-Arak yang dilaksanakan selama dua hari. Penelitian juga meninjau terhadap tarif ideal masa mendatang yaitu pada saat jalan tol tersebut beroprasi yang dipengaruhi pertumbuhan inflasi lima tahun terakhir serta pengaruh perkembangan wilayah dengan perbandingan nilai PDRB wilayah studi dan wilayah sekitar seperi Surabaya, Mojekerto, Gempol dan Sidoarjo. Berdasarkan grafik hubungan antara ATP dan WTP didapatkan hasil karakteristik responden serta tarif ideal tol Kraksaan-Banyuwangi yaitu, Golongan 1 Rp.625,00/Km, Golongan 2 Rp.937,50/Km, Golongan 3 Rp.1.250,00/Km, Golongan 4 Rp.1.562,50/Km, dan Golongan 5 Rp. 1.875,00/Km. Untuk tarif jalan tol tersebut pada tahun beroprasinya yaitu tahun 2020 yaitu, Golongan 1 Rp.715,56/Km, Golongan 2 Rp.1073,34/Km, Golongan 3 Rp.1431,13/Km, Golongan 4 Rp.1788,91/Km, Golongan 5 Rp.2146,69/Km. Tarif ideal yang didapat dinilai rendah apabila dibandingkan dengan tarif tol pada daerah Surabaya, Gempol, Sidoarjo, serta Mojekerto. Perbedaan tersebut dianggap wajar mengingat nilai pertumbuhan berdasarkan data BPS selama kurun watu lima tahun terakhir menyatakan bahwa wilayah Kraksaan-Banyuwangi masih berada dibawah beberapa wilayah tersebut. Rendahnya tarif ideal juga dipengaruhi oleh persepsi responden terhadap kepadatan transportasi rute yang ditinjau dinilai masih normal dan belum menganggap penting adanya jalan alternatif / tol dimana sebagian besar responden merupakan pengguna yang belum pernah menggunakan tol.
English Abstract
East Java is the second most populous province in Indonesia, based on census data given by Central Bureau of Statistics. The population density in East Java also in line with its density in the sector of transportation. The route has low safety level since there is PLTU Paiton that could affect the road user when there is work accident. To solve that problem, a construction of Kraksaan–Banyuwangi toll road, that is to support the Trans-Java Toll as well, was planned. Since the construction plan required investation from entreprises, an investigation of ideal tariff, based on user preseption by employing analysis on user ability with the method of Ability to Pay (ATP) and on user willingness with the method of Willingnes to Pay (WTP), was needed. Data collection was conducted by applying the method of questionnaire and interview for 422 respondents chosen randomly by viewing several characteristics needed for the study. The survey was done in Besuki sub-district with two locations of survey which are Banyuglugur and Arak-Arak. It was conducted in two days. This research also observed the future ideal tariff that has been influenced by the growth of inflation in the last five years. According to the graphic of relationship between those two methods, the result of respondents characteristic and ideal tariff of Kraksaan-Banyuwangi toll is acquired as follows: Group 1 Rp.625,00/Km, Group 2 Rp. 937.50/Km, Group 3 Rp. 1.250,00/Km, Group 4 Rp.1.562,50/Km, and Group 5 Rp. 1.875,00/Km. For the toll road tariff operation in 2020 is, Group 1 Rp.715,56/Km, Group 2 Rp.1073,34/Km, Group 3 Rp.1431,13 /Km, Group 4 Rp.1788,91/Km,and Group 5 Rp.2146,69/Km. The ideal tariff obtained is deemed as low compared to toll tariff in the district of Surabaya, Gempol, Sidoarto and Mojokerto. The difference is regarded as normal considering the growth value of Kraksaan-Banyuwangi region that is still below the aforementioned districts– according to Central Bureau of Statistics (BPS). The low ideal tariff is also influenced by the perception of respondents towards the transportation density of the route that is still considered as normal. Since most of the respondents have never used any toll road before, they also assumed that alternative road / toll is still unimportant.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2017/307/051703204 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 09:47 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 09:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145533 |
Actions (login required)
View Item |