Aplikasi Fuzzy Pada Pengendalian Suhu dan Kelembaban Untuk Mengatur Jenis Kelamin Reptil Pada Proses Penetasan,

Mandegani, Gigih (2017) Aplikasi Fuzzy Pada Pengendalian Suhu dan Kelembaban Untuk Mengatur Jenis Kelamin Reptil Pada Proses Penetasan,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Suhu dan kelembaban adalah salah satu faktor utama pada proses inkubasi telur reptil. Peternak reptil leopard gecko hanya menggunakan pemanas biasa untuk menginkubasi telur. Hal ini dirasa kurang efektif karena tidak ada perhitungan suhu dan kelembaban yang tepat dan otomatis, sehingga gecko yang menetas masih tidak menentu jenis kelamin dan kualitasnya. Pada tugas akhir ini pembahasan hanya berfokus pada pengendalian suhu dan kelembaban serta bagaimana cara mengimplementasikan kontrol logika fuzzy untuk mengendalikan suhu dan kelembaban tersebut sehingga sesuai dengan apa yang dibutuhkan pada proses penetasan telur. Proses perancangan control logika fuzzy pada penelitian ini menggunakan 5 Membership Function (MF) dengan metode Inferensi MIN-MAX Composition dan metode Defuzzifikasi Center of Gravity (COG). Pada proses pengendalian, didapatkan time steady (ts) sebesar 20 menit dengan nilai steady state 32,5 °C, serta 5 menit untuk nilai steady state 26,5 °C. Error steady state yang dihasilkan sebesar 1,6 %. Proses pengujian pada sistem dilakukan selama dua minggu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/179/051701333
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Feb 2017 08:53
Last Modified: 23 Oct 2021 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145388
[thumbnail of Gigih_Mandegani_(JURNAL).pdf]
Preview
Text
Gigih_Mandegani_(JURNAL).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Gigih_Mandegani_(SKRIPSI).pdf]
Preview
Text
Gigih_Mandegani_(SKRIPSI).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item