Analisis Produktivitas hasil Produksi Gas Liquid dengan Menggunakan Metode Objective Matrix di PT. Aneka Gas Industri SIER,

Mulyadi, Kristin (2017) Analisis Produktivitas hasil Produksi Gas Liquid dengan Menggunakan Metode Objective Matrix di PT. Aneka Gas Industri SIER,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan antar perusahaan dapat dilihat dari tingkat produktivitas yang dihasilkan perusahaan. Semakin tinggi tingkat produktivitas yang ada, maka tentunya juga akan dapat membuat perusahaan mampu bersaing dengan memaksimalkan hasil produksi, meminimalkan biaya, dan memaksimalkan keuntungan yang bisa didapat. PT. Aneka Gas Industri SIER merupakan salah satu perusahaan penghasil gas dalam bentuk gas liquid. Adapun produk yang diproduksi yaitu Liquid Nitrogen (LIN), Liquid Oxygen (LOX), dan Liquid Argon (LAR). Selama ini perusahaan memiliki masalah yakni perusahaan ingin mengukur tingkat produktivitas dan hasil produksi masih berada dibawah target produksi bulanan yang ditetapkan. Perusahaan memiliki target bulanan untuk tiap jenis gas yang dihasilkan, yaitu untuk produksi LOX sebesar 1.331.440,00/bulan, untuk LIN sebesar 1.288.320,00/bulan, dan untuk LAR sebesar 66.528,00/ bulan. Penelitian ditujukan guna mengukur nilai indeks produktivitas perusahaan dan untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas perusahaan. Sehingga dapat meningkatkan hasil produksi dan mencapai target yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini, digunakan metode pengukuran produktivitas Objective Matrix (OMAX). Kriteria produktivitas yang digunakan ada 4 yaitu produktivitas material, produktivitas energi, produksi tenaga kerja, produktivitas produk baik. Pembobotan dilakukan pada setiap kriteria produktivitas, setelah itu dilakukan perhitungan rasio untuk masing-masing kriteria pada tiap produk. Selanjutnya dilakukan perhitungan level untuk tiap kriteria produktivitas pada tiap produk dan setelah itu didapatkan nilai indeks yang dimasukkan ke dalam matriks OMAX. Sedangkan untuk menganalisa faktor produktivitas digunakan fishbone diagram, dimana 4 kriteria produktivitas yang sudah dihitung akan dicari penyebabnya masing-masing berdasarkan hasil wawancara dengan pihak perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan OMAX didapatkan nilai indeks produktivitas untuk tiap produk adalah sebesar 4,98 untuk LIN, 4,73 untuk LOX, dan 5,35 untuk LAR. Nilai KPI tersebut masih rendah dan belum memenuhi target yang diinginkan oleh perusahaan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan Fishbone Diagram, didapatkan faktor-faktor penyebab rendahnya tingkat produktivitas yaitu pemborosan bahan baku pendukung yaitu bahan kimia, pemborosan penggunaan air dan listrik, jam efektif terlalu rendah, pergantian jam shift kurang tepat, pekerja datang terlambat, dan adanya produk reject. Usulan yang dapat diberikan adalah sering dilakukan nya pengecekan berkala pada stok bahan kimia, adanya papan aturan pengembalian bahan kimia setelah digunakan, penambahan panel surya sebagai energi tambahan, penambahan alat pengatur peggunaan air, penggunaan kembali air sisa pada cooling tower, membuat aturan punishment bagi karyawan yang terlambat, penambahan genset, penambahan katup penutup pada tiap saluran pipa yang terhubungkan ke tangki penampungan hasil produksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/151/051701305
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Feb 2017 08:45
Last Modified: 23 Oct 2021 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145357
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar,_Daftar-daftar,_Ringkasan.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar,_Daftar-daftar,_Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN_SUMMARY.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN_SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_skripsi.pdf]
Preview
Text
cover_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item