Analisis Persaingan Bauran Pemasaran Menggunakan Metode Correspondene Analysis (CA) dan Importance Performance Analysis (IPA) Di Adventure Café, Gresik – Jawa Timur,

Pranata, ErdianTerri (2017) Analisis Persaingan Bauran Pemasaran Menggunakan Metode Correspondene Analysis (CA) dan Importance Performance Analysis (IPA) Di Adventure Café, Gresik – Jawa Timur,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adventure Cafe merupakan sebuah cafe dan resto yang didirikan pada bulan Desember 2015 dengan konsep vintage minimalis. Cafe ini terletak dekat dengan jalan raya sehingga memiliki kemudahan untuk dijangkau oleh pengunjung. Cafe yang terletak di Jalan Kalimantan No. 114-116 GKB ini mempunyai 10 orang pegawai. Pada awal didirikannya, Advanture Café diminanti oleh banyak pelanggan sehinga omset yang didapatkannya mengalami kenaikan tiap bulan sampai bulan ke-5. Akan tetapi memasuki bulan ke-6 Advanture Café mengalami kendala yaitu terjadinya penurunan jumlah pelanggan sehingga omset tiap bulannya pun ikut menurun. Correspondence Analysis (CA) merupakan suatu metode untuk mengetahui ranking, bobot setiap atribut, dan untuk mengetahui posisi satu objek penelitian terhadap objek lainnya. Selain metode CA, pada penelitian akan dilakukan pengolahan data dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). IPA merupakan suatu metode yang digunakan untuk menganalisis dan membandingkan sejauh mana kinerja dapat dirasakan oleh pengguna jasa dibandingkan tingkat kepentingan yang telah didapatkan dari penyebaran kuesioner terhadap 75 orang responden. Hasil yang didapatkan dari analisis metode diatas adalah dapat diketahuinya posisi Adventure Café dimana café terletak berdekatan dengan Dlodji Café yang berarti memiliki kesamaan dalam memuaskan pelanggan tetapi Dlodji Café lebih unggul jika dibandingkan dengan Adventure Café. Selain itu diketahui atribut-atribut yang memiliki tingkat kinerja dari yang terendah sampai yang tinggi dan dapat memberikan usulan perbaikan pada atribut yang menjadi prioritas pertama sampai proritas keempat. Agar dapat bersaing dengan kompetitor maka perlu dilakukan perbaikan dari segala aspek serta perlu dilakukan adopsi atribut-atribut tertinggal yang dimiliki untuk dibandingkan dengan membandingkan dengan kompetitor yang ada. Hasilnya adalah Adventure Café perlu membuat SOP khusus untuk pelayanan, pembagian jobdesk lebih detail, membuat peraturan larangan merubah saluran monitor, menerapkan aplikasi MP3 Gain, membuat kuesioner tentang penilaian cita rasa masakan, membuat SOP dalam memasak, mengganti buku menu, menambahkan menu makanan ringan, menambahkan garnish pada setiap menu makanan dan minuman, membuat standar proses pembuatan pesanan dengan rentangan waktu 30-45 menit, mengadakan evaluasi dengan menyebarkan kuesioner tentang konsistensi lama waktu pemesanan, membuat dan memberikan promo pada hari valentine dll, membuat promo melalui brosur dan media sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/148/051701302
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Feb 2017 08:32
Last Modified: 23 Oct 2021 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145354
[thumbnail of ERDIAN_TERRI_PRANATA_115060702111008.PDF]
Preview
Other
ERDIAN_TERRI_PRANATA_115060702111008.PDF

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item