Perancangan Sistem Informasi Paguyuban Keramik Dinoyo Malang berbasis Cloud Computing dengan Menggunakan Office 365 dan Website

Febriani, Erlyn (2017) Perancangan Sistem Informasi Paguyuban Keramik Dinoyo Malang berbasis Cloud Computing dengan Menggunakan Office 365 dan Website. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keramik Dinoyo merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah berbentuk paguyuban yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan. Berdasarkan analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, dan Security), terdapat beberapa permasalahan di paguyuban Keramik Dinoyo Malang. Permasalahan tersebut adalah kurangnya koordinasi dan kolaborasi dalam metode terintegrasi antar UMKM meyebabkan UMKM kadangkala tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal ini terjadi karena dalam pemenuhan UMKM tidak memperhatikan ketersediaan stok produk yang dimiliki UMKM lainya dan hanya dapat mengirimkan produk sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Selain itu, kurangnya sistem informasi pemasaran yang didapatkan oleh pelanggan karena tidak terdapat situs website resmi dari paguyuban Keramik Dinoyo Malang Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan paguyuban Keramik Dinoyo adalah teknologi cloud computing atau komputasi awan. Cloud computing merupakan teknologi informasi yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan koordinasi, kolaborasi, serta pemasaran pada paguyuban. Selain itu, cloud computing merupakan metode yang dapat membantu memenuhi kapabilitas teknologi informasi. Tools cloud computing yang digunakan adalah Office 365 dan website. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa penggunaan Cloud computing pada sistem informasi paguyuban membantu menyelesaikan permasalahan paguyuban Keramik Dinoyo Malang. Website yang digunakan sebagai sistem informasi terpusat menyajikan informasi produk serta fitur pembelian online. Website membantu dalam memberikan informasi pemasaran terpusat sehingga pelanggan dapat mengakses informasi mengenai paguyuban Keramik Dinoyo dengan mudah. Office 365 digunakan sebagai sistem informasi terintegrasi yang menyajikan informasi ketersediaan produk. Office 365 dilengkapi dengan fitur berupa sharepoint dan informasi ketersediaan produk memudahkan antar UMKM dalam berbagi informasi sehingga membantu dalam pemenuhan kebutuhan pelanggan. Pada penelitian ini, Website dan Office 365 dirancang dan disatukan menjadi Sistem Informasi Paguyuban Keramik Dinoyo Malang dengan alamat website www.keramikdinoyo.com.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/133/051701286
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 08 Mar 2017 10:47
Last Modified: 23 Oct 2021 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145338
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Journal_Erlyn_Febriani_.pdf]
Preview
Text
Journal_Erlyn_Febriani_.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi.PDF]
Preview
Other
Skripsi.PDF

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item