Kajian Kinerja Moda Transportasi Online Roda Dua Wilayah Layanan Surabaya - Sidoarjo

Aulia Bramiana, Dwa (2017) Kajian Kinerja Moda Transportasi Online Roda Dua Wilayah Layanan Surabaya - Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan penduduk dan perkembangan perekonomian di wilayah Surabaya-Sidoarjo cukup tinggi, sehingga aktivitas dan pergerakan warga semakin meningkat. Dari situ masyarakat seringkali menggunakan salah satu moda transportasi umum roda dua berupa ojek konvensional dan ojek online ( go-jek) sebagai angkutan jarak dekat maupun menengah untuk melakukan perjalanan. namun ojek konvensional seringkali susah didapati di daerah daerah yang jauh dari tempat seperti terminal bus, stasiun kereta api, bahkan tempat tempat wisata dan sebagainya, penawaran biaya tarif yang bertele-tele, sehingga mengalami penurunan penumpang setengah dari jumlah penumpang sebelum adanya go-jek. Walaupun demikian kinerja go-jek salah satunya dalam bentuk pelayanan pengemudi masih belum optimal. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan kinerja go-jek dan ojek konvensional di perlukan analisis kebutuhan pasar (market demand) akan jasa moda transportasi roda dua tersebut. Dan untuk itu, di butuhkan suatu studi mengenai potensi penumpang atau pengguna jasa go-jek dan ojek konvensional yang ada di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Objek yang diteliti adalah penumpang yang pernah menggunakan go-jek dan ojek konvensioanl. Dengan menggunaan metode Important Performance Analysis serta menentukan jumlah responden secara acak sebanyak 220 orang yang di dapat dari perhitungan rumus slovin, kemudian dengan mengisikan kuisioner berisikan beberapa atribut diantaranya: nama dan warna angkutan, identitas pengemudi dan nomor handphone, mengangkut penumpang tidak melebihi kapasitas, cara mengemudi, ketersediaan helm, layanan asuransi, waktu tunggu, layanan jas hujan, tarif, fasilitas pemesanan angkutan, fasilitas pengaduan penumpang, waktu tempu. Sedangkan untuk metode Stated Preference responden hanya mengisi kuisioner yang berisikan atribut biaya perjalanan dan waktu mendapatkan angkutan dari go-jek dan ojek konvensional. Dari hasil studi diketahui karakteristik sosial ekonomi dan perjalanan dari penumpang GO-JEK pada Tabel 4.7. Untuk metode Important Performance Analysis diketahui nilai rata-rata tingkat kepuasan sebesar 3,613 dan dari Tabel 4.8 nilai rata-rata tingkat kepentingan sebesar 4.241. Dari gambar kuadran IPA dapat dilihat sebanyak 3 indikator yang perlu di perbaiki masuk pada kuadran I. Sebanyak 5 indikator yang harus di pertahankan masuk pada kuadran II. Sebanyak 3 indikator dengan prioritas yang masih rendah masuk pada kuadran III. Dan yang terakhir sebanyak 1 indikator yang di anggap berlebihan masuk pada kuadran IV. Hasil pemodelan pemilihan moda angkutan go-jek dan ojek konevesional dengan metode Stated Preference sebagai berikut : 1. Selisih biaya perjalanan (?OL−?OK) = 0.813- 0.00004606 x (Selisih Biaya Perjalanan) POK = 0.30725 , POL = 0.69275 2. Selisih waktu mendapatkan angkutan (?OL−?OK) = 0,149 - 0.322 x (Selisih Waktu Mendapatkan Angkutan) POK = 0.46506 , POL = 0.53494

English Abstract

Population and economic development in service area of Surabaya-Sidoarjo so high enough, until the activities and the movement of citizens more increasing. Since then, people often use motrocyle taxi and online motorcycle taxi (go-jek) as close and medium distance transportation for travel. But the motorcycle taxi was hard to find from the areas like a terminals, train stations, and even places of tourist attractions etc, offers the complicated tariff costs, until decreasing half of the passengers before their go-jek. Although, Online motorcycle taxi performance in the form of service of the driver is still not optimal. The purpose of this study was to optimize the performance of an online motorcycle (Go-Jek) need a market demand analysis for motorcycle taxi service. And therefore, need performance assessment Services study On service Performance Of Application Based Motorcycle Taxi (Service Area Of Surabaya And Sidoarjo). The objects studied were passengers who had used online motorcycle taxi (Go-Jek) and standart motorcycle taxi. By using Important Performance Analysis methods and determine the amount of respondents at random sample of 220 people with slovin formula computation, then fill in the questionnaire contains several attributes including: the name and the color of transport, the identity of the driver and phone numbers, carrying passengers does not exceed the capacity, driving methods, availability of helmets, insurance services, waiting time, service raincoat, rates, transport booking facilities, passenger complaints facility and travel time. As for the Stated Preference method, the respondents only filled in a questionnaire that contains attribute travel cost and time getting transport from go-jek and a standart motorcycle taxi. From the results of the study are known socio-economic characteristics and the journey of passengers GO-JEK in Table 4.7. For Important Performance Analysis method known value of the average satisfaction level of 3.613 and Table 4.8 of the average value of interest rate amounted to 4,241. From Important Performance Analysis quadrant of the image can be seen as much as 3 indicators that need to be rectified entered On first quadrant. A total of 5 indicators to be retained sign in second quadrant. A total of 3 indicators are still low-priority entry in third quadrant. And the last as 1 indicator considered redundant entry in quadrant IV. The results of the election modeling transport modes go-jek and ojeks conevesional with Stated Preference method as follows: 1. Difference in travel costs (?OL−?OK) = 0.813- 0.00004606 x (Difference in travel costs) POK = 0.30725 , POL = 0.69275 2. Difference time getting transport (?OL−?OK) = 0,149 - 0.322 x (Difference time getting transport) POK = 0.46506 , POL = 0.53494

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/119/051701272
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 01 Mar 2017 11:01
Last Modified: 23 Oct 2021 04:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145321
[thumbnail of Jurnal_-_Dwa_Aulia_B.pdf]
Preview
Text
Jurnal_-_Dwa_Aulia_B.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 15._Skripsi_Dwa_Aulia_Bramiana_115060107111011.pdf]
Preview
Text
15._Skripsi_Dwa_Aulia_Bramiana_115060107111011.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item