Rancang Bangun Sistem Pengendalian Putaran Motor DC Shunt Sebagai Penggerak Generator Sinkron Menggunakan DC-DC Converter.

Susilo, SatrioHary (2016) Rancang Bangun Sistem Pengendalian Putaran Motor DC Shunt Sebagai Penggerak Generator Sinkron Menggunakan DC-DC Converter. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengaturan motor yang sebelumnya dilakukan dengan cara konvensional, sekarang sudah menggunakan komponen elektronika daya. Motor dc merupakan salah satu jenis motor yang sering digunakan dan mudah untuk dikendalikan, hal ini disebabkan karena banyaknya metode pengaturan yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan motor dc. Dalam pengaturan kecepatan motor dc terdiri dari tiga metode yaitu dengan pengaturan tegangan terminal, fluksi, dan mengatur tahanan jangkar. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rangkaian pengaturan putaran motor dc shunt sebagai penggerak generator sinkron yang digunakan untuk syarat kerja paralel. Dalam penelitian ini sistem pengaturan putaran motor dc shunt dilakukan tiga kali pengujian. Pengujian pertama yaitu motor dc shunt tidak diberi beban. Pengujian ini dilakukan untuk melihat tegangan keluaran yang dihasilkan rangkaian buck converter. Pengujian kedua yaitu motor dc shunt dibebani disisi generator sinkron dengan memberi beban elektrik untuk menguji sistem secara keseluruhan. Pengujian ini dilakukan untuk melihat pada duty cycle berapa motor dc shunt berputar 1500rpm. Pengujian ketiga menggunakan pembebanan secara ekstrim untuk mengetahui tanggapan rangkaian sistem secara keseluruhan. Pengujian ini bertujuan untuk melihat seberapa lama tanggapan sistem untuk mencapai keadaan steady state saat disisi beban diberikan beban secara ekstrim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/996/051612420
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Dec 2016 08:35
Last Modified: 23 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145293
[thumbnail of LAPORAN_GABUNGAN.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item