Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produksi Pada Perusahaan Pakan Ternak Dengan Pendekatan Analytic Hierarchy Process,

Badhowi, Ashar (2016) Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produksi Pada Perusahaan Pakan Ternak Dengan Pendekatan Analytic Hierarchy Process,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri feed (pakan ternak) dengan memproduksi berbagai macam jenis pakan ternak. Setiap hari PT X memproduksi pakan ternak yang telah ditentukan oleh departemen Sales. Setiap hari departemen Sales menyerahkan permintaan produksi ke departemen Plant yang diterima langsung oleh subdepartemen PPIC (Production Planning Inventory Control). Setelah itu subdepartemen PPIC menyusun prioritas produk yang akan diproduksi di hari yang sama oleh subdepartemen PPIC. Selama ini penentuan prioritas produk yang akan diproduksi PT X masih menggunakan penilaian secara subjektif dengan mengandalkan karyawan di dalam subdepartemen PPIC. Belum ada perhitungan secara objektif/kuantitatif untuk menentukan prioritas produk yang akan diproduksi. Proses perancangan sistem membutuhkan suatu tools yang sesuai dengan harapan dari pihak perusahaan dan pihak perancang, maka proses penentuan tools untuk solusi permasalahan di subdepartemen PPIC dan pihak peneliti dengan proses brainstorming. Pada proses brainstorming muncul alternatif penggunaan tools sistem basis data yaitu MySQL. Mengingat subdepartemen PPIC memberikan pertimbangan tools yang akan dipilih atau digunakan dalam proses perancangan sistem, yaitu menggunakan software dengan lisensi freeware, maka tools yang akan dipilih adalah pemrograman PHP dan MySQL sebagai sistem basis data. Metode yang digunakan untuk melakukan perancangan sistem informasi adalah software prototyping. Langkah berikutnya adalah mendefinisikan fungsi prototipe dengan membuat model kebutuhan sistem, model aliran data, model logika proses bisnis yang digunakan untuk menunjukkan aturan bisnis pada prototype dan pengembangan strategi. Langkah berikutnya adalah melakukan proses desain yang meliputi desain database logis, database fisik, user interface dan algoritma sistem. Setelah langkah perancangan desain prototipe dilakukan kemudian melakukan implementasi prototype pada pemrograman PHP. Langkah terakhir yang dilakukan adalah mengevaluasi prototype dengan melakukan uji verifikasi, uji validasi dan uji prototype. Hasil dari penelitian ini adalah prototype sistem pendukung keputusan dengan menggunakan database MySQL dengan pemrograman PHP yang dapat membantu dalam proses penentuan prioritas produksi pada subdepartemen PPIC. Sistem pendukung keputusan dapat memberikan pelaporan data prioritas produksi dengan mengurutkan produk berdasarkan skor dari tiap-tiap produk. Hasil dari pelaporan ini dapat membantu pihak subdepartemen PPIC untuk dijadikan bahan pertimbangan penjadwalan produksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/868/051609679
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Oct 2016 10:37
Last Modified: 22 Oct 2021 05:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145145
[thumbnail of Lampiran_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Lampiran_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI_kompre.pdf]
Preview
Text
BAB_VI_kompre.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_dan_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Cover_dan_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembaran_Awal.pdf]
Preview
Text
Lembaran_Awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_kompre.pdf]
Preview
Text
BAB_I_kompre.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_kompre.pdf]
Preview
Text
BAB_II_kompre.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_kompre.pdf]
Preview
Text
BAB_III_kompre.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_kompre.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_kompre.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_kompre.pdf] Other
BAB_V_kompre.pdf

Download (0B)

Actions (login required)

View Item View Item