Sistem Pengendalian Suhu Pada Proses Pasteurisasi Susu Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega 2560,

Pratama, Andhika (2016) Sistem Pengendalian Suhu Pada Proses Pasteurisasi Susu Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega 2560,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada masa kini susu merupakan minuman yang telah dikonsumsi oleh banyak masyarakat dari berbagai usia. Mulai dari yang berusia bayi / balita sampai dengan lanjut usia.Susu segar dapat diolah menjadi berbagai macam produk minuman yang menarik seperti yogurt, kefir, yakult, dan sebagainya. Akan tetapi susu merupakan media pertumbuhan yang sangat baik bagi bakteri dan dapat menjadi sarana potensial bagi penyebaran bakteri patogen yang mudah tercemar kapan dan dimana saja sepanjang penanganannya tidak memperhatikan kebersihan. Penyakit seperi TBC, typhus, disentri dapat ditularkan melalui susu mentah.Pasteurisasi (yang dinamakan sesuai dengan penemunya,Louis Pasteur) adalah suatu proses memanaskan produk (dalam hal ini, susu) dibawah titik didihnya, dengan tujuan untuk membunuh semua mikroorganisme pathogen. Selain membuat susu menjadi aman dikonsumsi manusia, pasteurisasi juga akan memperpanjang umur simpan dari susu karena sebagian bakteri perusak/pembusuk susu juga mati.Pasteurisasi susu dapat dilakukan secara LTLT (LowTemperature, Long Time) maupun HTST (High Temperature,Short Time). Pasteurisasi LTLT artinya, susu dipanaskan pada suhu 650C selama 30 menit. Sedangkan pasteurisasi HTST adalah memanaskan susu pada 750C selama 1 menit, setelah itu susu didinginkan hingga 400C.Susu pasteurisasi dapat bertahan selama 12 sampai 16 hari dari tanggal atau hari pemrosesan, jika disimpan pada suhu yang ideal, yaitu 300– 600C.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/850/051609664
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Nov 2016 08:22
Last Modified: 22 Oct 2021 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145125
[thumbnail of Bab_1_-_Lampiran_Datasheet.pdf]
Preview
Text
Bab_1_-_Lampiran_Datasheet.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of pengantar_-_daftar_gambar.pdf]
Preview
Text
pengantar_-_daftar_gambar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_-_Summary.pdf]
Preview
Text
cover_-_Summary.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item