Analisis Penilaian Kinerja Supplier Diesel Engine Dan Mesin Dinamo Dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Standardized Unitless Rating (SUR) (Studi Kasus: PT Agrowindo Sukses Abadi, Malang)

Namira, ArifahRahma (2016) Analisis Penilaian Kinerja Supplier Diesel Engine Dan Mesin Dinamo Dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Standardized Unitless Rating (SUR) (Studi Kasus: PT Agrowindo Sukses Abadi, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengadaan material dalam suatu produksi merupakan salah satu aktivitas yang penting di perusahaan. Mesin diesel dan dinamo adalah mesin yang menjadi komponen utama dalam menjalankan mesin-mesin yang diproduksi oleh PT Agrowindo. Kebutuhan PT Agrowindo dalam pengadaaan mesin diesel dan mesin terbilang cukup tinggi karena hampir seluruh mesin yang diproduksi PT Agrowindo menggunakan mesin diesel dan mesin dinamo. Adapun permasalahan yang dihadapi PT Agrowindo yaitu seringnya terjadi keterlambatan pengiriman, ketidaksesuaian pengiriman, kualitas yang kurang baik, dan belum adanya penilaian kinerja terhadap supplier-supplier yang ada. Dengan demikian, penilaian kinerja terhadap supplier penting dilakukan karena hasil dari penilaian kinerja tersebut dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja supplier dan memberikan rekomendasi perbaikan, serta menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam melakukan kerjasama. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kriteria dan subkriteria yang dibutuhkan, menghitung bobot kriteria dan subkriteria, melakukan penlaian kinerja supplier, dan memberikan rekomendasi perbaikan kepada supplier mesin diesel dan mesin dinamo. Langkah-langkah dalam penelitian ini yang pertama dilakukan yaitu mengidentifikasi kriteria dan subkriteria yang digunakan dalam penilaian kinerja supplier. Setelah itu, dilakukan perhitungan bobot dari setiap kriteria dan subkriteria dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Setelah mendapatkan nilai bobot, selanjutnya menghitung tingkat kepuasan perusahaan dari masing-masing subkriteria terhadap supplier mesin diesel dan dinamo dengan metode Standardized Unitless Rating (SUR) untuk mengetahui supplier mana yang memberikan hasil kinerja terbaik. Langkah terakhir yang dilakukan adalah memberikan rekomendasi perbaikan dari perusahaan untuk supplier mesin diesel dan mesin dinamo. Hasil dari penelitian ini berupa 8 kriteria dengan 18 subkriteria yang digunakan dalam penilaian kinerja supplier. Berdasarkan hasil metode AHP, didapatkan bobot kriteria terbesar, yaitu kriteria “Quality” dengan nilai bobot sebesar 0,173 dan bobot subkriteria terbesar, yaitu subkriteria “Kemampuan Supplier Memasok Produk yang Sesuai Spesifikasi” dengan nilai bobot sebesar 0,069. Hasil dari penilaian kinerja dengan metode SUR untuk supplier mesin diesel tertinggi hingga terendah yaitu CV ESTE (3,695), CV Rukun Jaya (1,500) dan CV Margono (1,087) sedangkan untuk supplier mesin dinamo dari tertinggi hingga terndah yaitu Toko TUN (1,872), Toko Logamas (1,409), dan CV Margono (-0,363). Hasil dari rekomendasi perbaikan diberikan untuk setiap supplier dari masing-masing subkriterianya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/759/051608646
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Sep 2016 15:14
Last Modified: 22 Oct 2021 01:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145017
[thumbnail of Jurnal_ARIFAH_RAHMA_NAMIRA_(JRMSI).pdf]
Preview
Text
Jurnal_ARIFAH_RAHMA_NAMIRA_(JRMSI).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Cover.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ARIFAH_RAHMA_NAMIRA_125060707111031.PDF]
Preview
Other
ARIFAH_RAHMA_NAMIRA_125060707111031.PDF

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item