Signal-to-Noise Ratio and Bit Error Rate Analysis of Visible Light Communication Link Using Non-Line-of-Sight Model,

Jauhari, RifkaFahriza (2016) Signal-to-Noise Ratio and Bit Error Rate Analysis of Visible Light Communication Link Using Non-Line-of-Sight Model,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Visible Light Communication (VLC) merupakan salah satu teknologi komunikasi nirkabel yang populer saat ini. Dengan keterbatasan frekuensi radio spectrum (bandwidth), Visible Light Communication (VLC) yang menggunakan LED (Light Emitting Diode) dengan panjang gelombang antara 380-700 nm untuk membawa informasi memiliki keuntungan lebih dibandingkan sistem komunikasi nirkabel menggunakan radio frekuensi. Visible Light Communication (VLC) memiliki kinerja yang lebih baik jika digunakan di dalam ruangan, karena VLC bekerja pada transmisi jarak dekat dan noise utama dari sistem ini berasal dari background backlight yang berasal dari sinar matahari. Untuk mengetahui performasi dari sistem VLC khususnya yang menggunakan non-line-of-sight model, program simulasi dibuat menggunakan program MATLAB. Dengan adanya refleksi yang ada dalam sistem, simulasi akan menunjukan hasil daya yang diterima oleh sistem. Pada thesis ini daya yang diterima oleh sistem VLC non-line-of-sight model dengan adanya pengaruh angle dari field of view dan pengaruh jarak akan ditampilkan. Untuk analisis kinerja, teknik modulasi yang digunakan pada proyek ini adalah OOK-NRZ. Simulasi analisis kinerja pada thesis ini menunjukkan pengaruh bit rate dan receive power terhadap nilai SNR dan BER pada sistem. Sebagai kesimpulan, pengaruh jarak, angle dari field of view, received power, dan bit rate telah berhasil dianalisis. Kami berharap Indoor Visible Light Communication akan dapat digunakan dalam waktu dekat ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/67/051601774
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Mar 2016 10:26
Last Modified: 21 Oct 2021 08:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144915
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item