Perancangan Perbaikan Sistem Pelayanan Rawat Jalan Dengan Pendekatan Lean Healthcare Dan Simulasi

Perdana, VergiantYoga (2016) Perancangan Perbaikan Sistem Pelayanan Rawat Jalan Dengan Pendekatan Lean Healthcare Dan Simulasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

RSUD Dr. Saiful Anwar Malang adalah rumah sakit negeri kelas A di malang milik pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur. Rumah sakit ini mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis oleh pemerintah ditetapkan sebagai rujukan tertinggi atau disebut pula sebagai rumah sakit pusat. Karena merupakan rumah sakit rujukan, banyak pasien yang berkunjung untuk melakukan pengobatan, terutama pasien rawat jalan. Terdapat dua jenis pasien pada pelayanan rawat jalan yaitu pasien umum dan pasien BPJS. Rata-rata lead time pelayanan rawat jalan berkisar antara 115-175 menit. Durasi lamanya lead time pelayanan akan berdampak pada kepuasan pasien. Untuk mereduksi lead time pelayanan rawat jalan, pihak RSUD Dr. Saiful Anwar harus mampu mengidentifikasi dan mengeliminasi atau mengurangi waste yang ada di pelayanan rawat jalan. Dengan menerapkan prinsip lean, yang merupakan upaya terus-menerus untuk menghilankan waste, maka aktivitas non value added dapat dikurangi, sehingga lead time pelayanan dapat berkurang. Pendekatan sistematis yang bertujuan untuk mengeliminasi waste secara kontinyu dalam rumah sakit disebut lean healthcare. Hasil dari identifikasi waste dan value stream pada pelayanan rawat jalan, didapatkan waste kritis yaitu waiting dan transportation. Waste yang teridentifikasi adalah terlambatnya pengiriman berkas rekam medis, menunggu proses registrasi, menunggu berkas rekam medis, dan menunggu pemeriksaan. Setelah mengetahui waste kritis, selanjutnya membuat model simulasi pada pelayanan rawat jalan. Simulasi digunakan untuk mengetahui dampak serta dapat mengevaluasi penerapan perbaikan, sebelum perbaikan tersebut diterapkan pada sistem nyata. Setelah model terverifikasi dan tervalidasi, dilakukan identifikasi masalah penyebab terjadinya waste kritis tersebut. Permasalahan dikelompokan menjadi 4 poin, yaitu laju kedatangan pasien, human error, kebijakan rumah sakit, dan sistem pengolahan berkas yang masih konvensional. Permasalahan yang akan diselesaikan dan dibuat skenario perbaikannya, yaitu laju kedatangan pasien, dan sistem pengolahan berkas yang masih konvensional. Terdapat 4 skenario yang dibuat, yaitu menerapkan sistem appointment, melakukan penambahan tenaga kerja medis dan non medis, mengubah sistem pengolahan berkas menjadi elektronik, serta skenario gabungan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa rata-rata lead time pelayanan rawat jalan pada model simulasi awal sebesar 131.25 menit. Dengan menerapkan skenario gabungan, yaitu dengan menerapkan sistem appointment dan menginstalasi bridging system didapatkan rata-rata lead time pelayanan rawat jalan sebesar 97.45 menit, dengan menerapkan skenario ini dapat mengurangi lead time sebesar 25.75%. Dengan menginstalasi bridging system sistem pengolahan berkas pasien BPJS dapat dilakukan secara online, sehingga pasien BPJS yang berstatus pasien lama dapat melakukan pendaftaran appointment. Pendaftaran appointment diperuntukan untuk pasien lama. Keuntungan dari sistem ini adalah pasien tidak perlu menunggu dokumen rekam medis tiba di poliklinik, karena sudah disediakan sebelum pasien datang, selain itu dengan sistem ini laju kedatangan pasien dapat diatur, sehingga pasien tidak menumpuk di pagi hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/642/051608407
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 25 Aug 2016 10:24
Last Modified: 21 Oct 2021 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144884
[thumbnail of Skripsi_Vergiant.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Vergiant.pdf

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of lemper_skripsi.pdf]
Preview
Text
lemper_skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of COVER,_LEMPER.pdf]
Preview
Text
COVER,_LEMPER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Vergiant.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Vergiant.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of orisinalitas_skripsi.pdf]
Preview
Text
orisinalitas_skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 4._DAFTAR_ISI_DAN_SUMMARY.pdf]
Preview
Text
4._DAFTAR_ISI_DAN_SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item