A, RamadhanRidlo (2016) Kajian Koordinasi Simpang Jalan Patimura dengan Jalan Panglima Sudirman, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Banyaknya persimpangan di kota besar seperti Kota Malang ternyata menimbulkan permasalahan tersendiri, terlebih pada jarak antar Simpang yang pendek seperti pada Simpang di Jalan Panglima Sudirman dan Simpang di Jalan Patimura yang berada dalam jarak 172 meter pada ruas Jalan Patimura. Permasalahan yang terjadi adalah kendaraan yang terkadang harus selalu berhenti pada tiap Simpang karena selalu mendapat sinyal merah dan arus yang jenuh. Tentu saja hal ini menimbulkan ketidaknyamanan pengendara. Tujuan dari studi ini adalah mengetahui kinerja Simpang Jalan Pattimura dan Simpang Jalan Panglima Sudirman Kota Malang kondisi eksisting, mengetahui kinerja Simpang yang sama bila di lakukan koordinasi Simpang dengan lampu lalu lintas pada kedua Simpang, membandingkan kinerja kedua Simpang tersebut berdasarkan kondisi eksisting dan kondisi koordinasi Pengumpulan data dilakukan dengan cara survey langsung dan bersamaan pada Simpang empat kaki Jalan Patimura, Jalan Cokroaminoto, Jalan Trunojoyo disebut Simpang Jalan Patimura dan Simpang empat kaki Jalan Panglima Sudirman, Jalan Patimura, Jalan Urip Sumoharjo disebut Simpang Jalan Panglima Sudirman. Adapun data yang diambil adalah volume kendaraan yang melalui tiap Simpang, waktu sinyal, kecepatan tempuh kendaraan yang melalui keempat Simpang, dan geometrik Simpang. Data yang diperoleh digunakan untuk mendapatkan kondisi eksisting arus jenuh, rata-rata, dan rendah yang akan menjadi acuan dalam merencanakan waktu siklus baru dengan memperhatikan teori koordinasi. Kinerja terbaik pada setiap Simpang kemudian dikoordinasikan menggunakan waktu offset antar Simpang. Dari hasil analisa dan pengamatan, diketahui bahwa kedua Simpang Jalan Panglima Sudirman dan Simpang Jalan Patimura belum terkoordinasi. Untuk itu, dilakukanlah beberapa perencanaan untuk melakukan koordinasi sinyal antar Simpang pada Simpang tersebut. Perencanaan yang dilakukan adalah menentukan waktu siklus baru yang sama untuk semua Simpang. Dari enam perencanaan, didapatkan waktu siklus baru sebesar 115 detik untuk untuk semua kondisi arus lalu lintas. Waktu siklus semua Simpang disamakan untuk mempermudah koordinasi sinyal. Untuk bandwidth yang xxi dihasilkan dari diagram koordinasi, didapat bandwidth sebesar 18 detik dari arah Selatan Simpang Jalan Patimura yaitu Jalan Trunojoyo menuju arah timur ke Jalan Patimura.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2016/634/051608399 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 14:03 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 14:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144874 |
Actions (login required)
View Item |