Dewanti, AdindaSushmita (2016) Analisis Pemilihan Distributor dengan Penerapan Metode Grey Incidence Analysis dan Goal Programming. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Logistik dianggap sebagai suatu proses yang sangat penting karena dengan pengelolaan yang efektif dan efisien akan menjadi salah satu sumber keunggulan kompetitif yang dapat diciptakan oleh perusahaan. Pelayanan yang baik dari perusahaan dapat didukung tidak hanya melalui pihak internal tetapi juga pihak eksternal seperti distributor. UD Rolisa merupakan salah satu home industry yang memproduksi makanan ringan berupa kerupuk yang berbahan dasar udang dan ikan dengan berbagai jenis varian ukuran seperti mente, mini, tanggung, dan sebagainya. UD Rolisa saat ini dihadapkan pada permasalahan sistem kerjasama komisi yang mereka terapkan kepada 10 distributor di beberapa wilayah di Jawa Timur. Sistem kerjasama ini membuat perusahaan mengalami stock out serta kesulitan dana yang berakibat pada terhambatnya proses produksi. Selain itu, perusahaan juga tidak memiliki subkriteria tertentu dalam menilai dan memilih distributor untuk bekerjasama dengan perusahaan. Oleh karena itu, penentuan subkriteria penilaian kinerja dan pemilihan distributor penting dilakukan karena hasil dari pembobotan subkriteria depat dijadikan rekomendasi untuk perusahaan dalam menilai dan memilih distributor. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan subkriteria yang berpengaruh terhadap tingkat penjualan sehingga dapat dijadikan input dalam menilai dan memilih distributor, serta menentukan jumlah optimal distributor yang diizinkan untuk tetap menerapkan sistem kerjasama komisi dengan perusahaan. Pada penelitian ini dilakukan identifikasi subkriteria yang berpengaruh terhadap peningkatan penjualan perusahaan sehingga dapat dijadikan rekomendasi dalam penilaian kinerja serta pemilihan distributor. Setelah itu, dilakukan penentuan bobot dari setiap subkriteria dengan menggunakan metode Grey Incidence Analysis (GIA). Bobot yang telah didapatkan dapat dijadikan acuan perusahaan untuk mengetahui subkriteria apa saja yang berpengaruh dalam menilai distributor. Langkah selanjutnya, bobot subkriteria yang sudah didapatkan kemudian digunakan untuk menentukan jumlah distributor optimal yang diizinkan bekerjasama dengan perusahaan menggunakan sistem kerjasama komisi dengan menerapkan metode Goal Programming sehingga dapat diketahui distributor mana yang terpilih untuk tetap menerapkan sistem kerjasama komisi. Hasil dari penelitian ini berupa 5 kriteria dan 16 subkriteria yang digunakan dalam penilaian kinerja dan pemilihan distributor. Dengan menggunakan metode GIA didapatkan bobot subkriteria terbesar diantaranya subkriteria “Kualitas Staf Penjualan”, subkriteria “Kualitas feedback yang diberikan”, subkriteria “Kemampuan Memprediksi Keinginan Pasar”, subkriteria “Tingkat Identifikasi Produk” dan subkriteria “Posisi Finansial”. Semua subkriteria berpengaruh ini memiliki bobot yang sama yaitu sebesar 0,81. Hasil dari perhitungan jumlah optimal distributor dengan sistem kerjasama komisi menggunakan metode Goal Programming memberikan hasil optimal sejumlah 3 dari 10 distributor. Distributor terpilih antara lain Sinar Puncak, Dwi Jaya dan Toko Listi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2016/546/051607202 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 13:34 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 05:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144769 |
Preview |
Other
ADINDA_SUSHMITA_DEWANTI_125060707111006.PDF Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text
JURNAL_ADINDA_SUSHMITA_DEWANTI_(JRMSI).pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |