Rancang Bangun Sistem Pembuka Pagar Otomatis Menggunakan Modul Bluetooth HC-05 Sebagai Media Komunikasi

Christian, Stefanus (2016) Rancang Bangun Sistem Pembuka Pagar Otomatis Menggunakan Modul Bluetooth HC-05 Sebagai Media Komunikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pagar adalah salah satu benda yang paling sering kita lihat dan benda yang selalu ada di sebagian besar bangunan. Hal ini dikarenakan pagar berfungsi sebagai pengaman rumah, pembatas kepemilikan tanah, memperindah tampilan eksterior, dll. Meskipun sebagian besar fungsi pagar digunakan untuk pengaman rumah, tetapi masih belum bisa dikatakan aman dari berbagai kejahatan di sekitar bangunan. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan modul Bluetooth HC-05 sebagai media komunikasi antara pagar dan remote controller. Modul Bluetooth HC-05 serta LCD karakter digunakan sebagai media informasi visual. Mikrokontroler ATMega 328 digunakan sebagai alat pemroses utama. Penelitian ini merupakan pengembangan dari skripsi sebelumnya yang berjudul ―Sistem Keamanan Pintu Pagar Otomatis Menggunakan Voice Recognition‖ dimana pada penelitian sebelumnya menggunakan gelombang radio yang dipasang pada klakson kendaraan. Penelitian tersebut bekerja pada saat tombol klakson ditekan dan sensor merespon output dari tombol tersebut yang selanjutnya pagar akan bergerak sesuai dengan indikator yang telah diberikan. Pada penelitian ini digunakan modul Bluetooth HC-05 sebagai pemancar dan penerima sinyal. Untuk pengujian penelitian sendiri dilakukan pengulangan pengambilan data dengan berbagai kondisi. Dari pengambilan data tersebut diperoleh bahwa Bluetooth dapat melalukan pairing pada jarak 0 – 1029 cm dan tidak terpengaruh dengan sudut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/527/051607203
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 08 Aug 2016 14:17
Last Modified: 22 Oct 2021 05:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144747
[thumbnail of laporan_Stefanus_Christian.pdf]
Preview
Text
laporan_Stefanus_Christian.pdf

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Stefanus_Christian.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Stefanus_Christian.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item