Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Membeli Konsumen Untuk Merumuskan Strategi Penetrasi Pasar

Suratman, Yuki (2016) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Membeli Konsumen Untuk Merumuskan Strategi Penetrasi Pasar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap hari perusahaan melakukan kegiatan produksi berdasarkan pemesanan yang dilakukan oleh konsumen. Adapun permasalahan dalam perusahaan ini yaitu jumlah produksi yang cenderung menurun serta perusahaan masih kalah bersaing dengan kompetitornya. Salah satu penyebab menurunnya jumlah produksi dan kalah bersaing dengan kompetitor adalah kurang efektifnya strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh perusahaan. Selama ini perusahaan hanya mengandalkan pihak ketiga untuk menjual produk mereka. Agar dapat menaikan jumlah produksi perusahaan maka perlu adanya perbaikan pada strategi pemasaran untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan yang ada penelitian ini menggunakan metode bauran pemasaran dan regresi linear berganda untuk membuat formula rekomendasi strategi pemasaran. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden. Dalam penelitian ini responden merupakan orang yang telah mengetahui tentang produk perusahaan ada 4 variabel dalam bauran pemasaran yang dikenal dengan istilah 4P. Variabel-variabel tersebut adalah produk, harga, tempat, dan promosi yang akan dicari hubungannya terhadap keputusan pembelian sehingga dapat ditemukan variabel yang paling dominan dan paling kecil hubungannya. Keempat variabel tersebut dicari hubungannya terhadap keputusan pembelian dengan melewati beberapa uji yang meliputi uji asumsi klasik dan analisa regresi sehingga diperoleh persamaan regresi. Keempat variabel tersebut yang nantinya akan menentukan rekomendasi strategi pemasaran perusahaan. Hasil dari penelitian ini dari keempat variabel tersebut variabel tempat menjadi variabel yang paling dominan dengan koefisien korelasi sebesar 0,679 dan T-test sebesar 7,789. Sedangkan variabel yang paling kecil hubungannya adalah produk dengan koefisien korelasi sebesar 0,452 dan T-test sebesar 5,063. Jika melihat dari hasil tersebut variabel tempat dan produk dijadikan strategi yang harus diutamakan dan diperbaiki untuk rekomendasi perbaikan strategi pemasaran. Adapun beberapa rekomendasi strategi pemasaran yang disarankan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, yaitu pemberian garansi atau jaminan produk, produk yang diproduksi harus sesuai dengan spesifikasi produk yang dipesan konsumen, adanya potongan harga untuk pembelian grosir, pembangunan showroom produk di wilayah Malang, membuat periklanan produk, dan pemberian voucher kepada toko yang merekomendasikan produk PT. Keramik Paolo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/518/051606882
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 05 Aug 2016 15:57
Last Modified: 22 Oct 2021 05:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144737
[thumbnail of Yuki_Suratman-105060702111009.PDF]
Preview
Other
Yuki_Suratman-105060702111009.PDF

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_skripsi.pdf]
Preview
Text
Jurnal_skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item