Pemisahan Larutan Etanol-Air Secara Pervaporasi Menggunakan Membran Komposit PVA-Kitosan Dengan Support Cellulose Filter

Nurmawati, Ardika (2016) Pemisahan Larutan Etanol-Air Secara Pervaporasi Menggunakan Membran Komposit PVA-Kitosan Dengan Support Cellulose Filter. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses pervaporasi merupakan proses pemisahan air dari larutan etanol-air menggunakan membran tak berpori. Membran tak berpori yang dapat digunakan adalah membran komposit dengan pelapisan PVA dan kitosan yang termasuk membran polimer. Penelitian ini menguji campuran PVA dan kitosan yang dilapiskan pada support cellulose filter dengan rasio berat PVA dan kitosan sebesar 1:3, 1:1, dan 3:1. Hasil penelitian ini menunjukkan komposisi campuran PVA dan kitosan pada lapisan membran komposit mempengaruhi karakteristik dan kinerja membran. Membran komposit dengan pelapis PVA memiliki sudut kontak terendah dan swelling degree tertinggi. Membran komposit dengan pelapis campuran PVA-kitosan, semakin bertambahnya komposisi kitosan akan menurunkan sudut kontak dan meningkatkan swelling degree. Pervaporasi larutan etanol 12% w/w dilakukan dengan suhu 60oC dan tekanan 90-95 kPa dimana membran dengan pelapisan PVA memiliki selektivitas paling rendah dan fluks tertinggi secara berurutan 1,13 dan 66.857,14 g/m2.jam. Komposisi PVA dan kitosan pada lapisan membran komposit berpengaruh pada fluks permeat, dengan bertambahnya komposisi kitosan akan meningkatkan fluks permeat namun tidak berdampak pada nilai selektivitas membran. Hasil ini dibuktikan dimana membran komposit dengan pelapis PVA-kitosan dengan perbandingan 1:3, 1:1, dan 3:1 memiliki nilai selektivitas yang sama. Peningkatan konsentrasi etanol pada retentat tidak terlalu signifikan mengakibatkan membran komposit dengan pelapis PVA-kitosan lebih tepat digunakan untuk menghidrasi larutan etanol-air dengan tingkat kemurnian etanol tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/483/051606194
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering and related technologies
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:42
Last Modified: 05 Aug 2016 13:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144694
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item