Analisa Pemilihan Sel (Cell Selection) Pada Long Term Evolution (LTE) Berdasarkan Reference Signal Receive Power (RSRP) dan Reference Signal Receive Quality (RSRQ)

Aneldi, MuhammadFauzan (2016) Analisa Pemilihan Sel (Cell Selection) Pada Long Term Evolution (LTE) Berdasarkan Reference Signal Receive Power (RSRP) dan Reference Signal Receive Quality (RSRQ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilihan sel merupakan sebuah proses dalam teknologi Long Term Evolution (LTE). Proses ini memberikan informasi dalam sebuah sel yang akan ditempati oleh UE. Untuk dapat dilayani didalam sel tersebut, UE mencari sinyal yang terkuat diantara beberapa sel yang ditempati. Dalam penelitian ini akan menganalisa parameter-parameter apa saja yang mempengaruhi proses pemilihan sel ini. Diantaranya adalah Reference Signal Receive Power (RSRP) dan Reference Signal Receive Quality (RSRQ). RSRP merupakan daya yang diterima dalam tiap subcarrier. Nilai ini dipengaruhi oleh pathloss dalam kondisi LOS (Line-of-Sight) dan NLOS (No-Line-of-Sight). Pada kondisi LOS, didapat nilai RSRP adalah variabel dengan radius 0,1km hingga 5,1km. Sedangkan untuk kondisi NLOS dengan radius 0,1km hingga 1,1km, dengan kondisi tinggi gedung penghalang=50m, dan frekuensi yang digunakan 1800MHz. Untuk mendapatkan nilai RSRQ, diperlukan informasi mengenai muatan sel. Muatan sel disini berupa banyaknya pengguna yang mengakses jaringan LTE dalam sel tersebut. Dalam penelitian ini, muatan sel yang digunakan 0% hingga 100%. Keputusan UE untuk memilih sel yang akan ditempati ditentukan dengan kuat sinyal (Srxlev) dan kualitas sinyal (Squal) dalam sel. Jika lebih dari 0 dB maka UE akan memilih sel tersebut untuk melayani UE. Hasil analisis perhitungan menunjukkan dalam radius ≤ 0,4km sinyal tidak cukup kuat untuk UE ketika dalam kondisi NLOS dan muatan sel 100%. Sedangkan untuk kondisi LOS sinyal yang diterima cukup kuat sehingga UE bisa menempati sel tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/452/ 051606163
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 02 Aug 2016 08:23
Last Modified: 02 Aug 2016 08:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144657
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item