Analisis Kelayakan Dan Perencanaan Strategi Bisnis Jasa Perawatan Dan Penjualan Sparepart Aksesoris Sepeda Motor (Studi Kasus: CV. Bina Putra Motor, Probolinggo, Jawa Timur)

Pratiwi, Aisyah (2016) Analisis Kelayakan Dan Perencanaan Strategi Bisnis Jasa Perawatan Dan Penjualan Sparepart Aksesoris Sepeda Motor (Studi Kasus: CV. Bina Putra Motor, Probolinggo, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CV. Bina Putra Motor merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perawatan dan penjualan sparepart aksesoris sepeda motor. Usaha yang dijalankan diharapkan dapat memberikan keuntungan yang sesuai dengan eskpetasi yang diinginkan sehingga pengembalian modal usaha dapat berjalan dengan cepat. Namun, perusahaan belum memiliki strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, agar tujuan perusahaan ini tercapai maka terlebih dahulu perlu dilakukan penilaian finansial perusahaan secara menyeluruh sehingga dari hasil penilaian finansial dapat dirumuskan strategi yang tepat yang dapat menunjang kinerja finansial dan mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Pada penelitian ini, dilakukan analisis kelayakan pada aspek finansial dan aspek pasar dan pemasaran. Pada aspek finansial dilakukan penilaian finansial perusahaan secara menyelurh dengan menggunakan beberapa teknik untuk menentukan kelayakan suatu usaha atau investasi antara lain: Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Probability Index (PI). Kemudian hasil dari aspek finansial dapat menunjang perumusan strategi pemasaran pada aspek pasar dan pemasaran yang dapat meraih sebagian pasar potensial atau peluang pasar yang ada dengan menggunakan Matriks External Factor Evaluation (EFE) dan Matriks Internal Factor Evaluation (IFE) sebagai tahap pengumpulan data maupun informasi yang dibutuhkan. Kemudian menggunakan Matriks Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT) dan Matriks Internal-External (IE) sebagai tahap pencocokan untuk memperoleh alternatif strategi yang dengan memadukan peluang dan ancaman eksternal dengan kekuatan dan kelemahan internal. Terakhir menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk mengambil keputusan pemilihan strategi terbaik dari alternatif strategi yang telah dianalisis pada tahap pencocokan. Hasil analisis kelayakan pada aspek finansial menunjukkan bahwa bisnis bengkel sepeda motor CV. Bina Putra Motor dinyatakan layak untuk dijalankan, namun semua nilai dari kriteria kelayakan yaitu, Payback Period (PP) selama 7,94 tahun, Net Present Value (NPV) sebesar Rp. 14.892.915, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 7,772%, dan Probability Index (PI) sebesar 1,014259063 berada dalam kategori yang berisiko karena semua nilai dari kriteria kelayakan mendekati batas tidak layak. Oleh karena itu, perlu dilakukan perumusan strategi pada aspek pasar dan pemasaran. Perumusan strategi pada aspek pasar dan pemasaran menghasilkan 4 strategi yang dimasukkan dalam QSPM. Strategi yang memiliki nilai Total Attractiveness Score (TAS) paling tinggi dalam QSPM terpilih menjadi strategi terbaik yang dapat diimplementasikan yaitu alternatif 4 dengan nilai TAS sebesar 5,72 adalah memperluas sasaran bisnis sepeda motor dengan menerima service maupun pembelian spareparts sepeda motor trail.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/422/051605672
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 Aug 2016 11:29
Last Modified: 22 Oct 2021 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144623
[thumbnail of Skripsi_Aisyah_Pratiwi.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Aisyah_Pratiwi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item