Aplikasi Metode Quality Function Deployment (QFD) Sebagai Upaya Pengembangan Produk Madumongso (Studi Kasus Di UD. Bu Sulasmi, Kabupaten Blitar)

Handayani, Mely Tri (2017) Aplikasi Metode Quality Function Deployment (QFD) Sebagai Upaya Pengembangan Produk Madumongso (Studi Kasus Di UD. Bu Sulasmi, Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Madumongso adalah makanan khas berbahan ketan dari Jawa Timur yang sekarang sudah banyak dikenal di daerah-daerah lainnya di Indonesia. Salah satu unit usaha yang memproduksi madumongso di Kabupaten Blitar adalah UD. Bu Sulasmi. Permasalahan yang terjadi di UD. Bu Sulasmi yaitu persaingan dalam memperoleh konsumen yang semakin ketat serta besarnya penjualan madumongso cenderung fluktuatif. Minat konsumen terhadap madumongso akan meningkat sebesar 60% ketika menjelang lebaran, dan mengalami penurunan kembali seiring berakhirnya lebaran. Hal ini menunjukkan bahwa minat konsumen terhadap produk madumongso sangat kurang pada hari-hari biasa. Oleh karena itu, produsen harus mempunyai ide-ide kreatif agar kualitas produknya semakin meningkat dan bisa bertahan di pasar. Selain itu, dengan ide-ide kreatif tersebut diharapkan konsumen tertarik untuk membeli produk madumongso karena sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kebutuhan konsumen dan strategi pengembangan produk dengan memperhatikan karakteristik teknis yang akan diterapkan UD. Bu Sulasmi agar produk madumongso mampu bersaing dengan produsen lain atau kompetitornya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). QFD merupakan metode yang mampu menerjemahkan keinginan konsumen ke dalam bahasa teknis dan kemudian memastikan kepuasan konsumen. QFD fase I digunakan untuk menerjemahkan kebutuhan konsumen ke dalam respon teknis dan menentukan prioritas respon teknis yang harus dilakukan. QFD fase II digunakan untuk menerjemahkan respon teknis terpilih ke dalam critical part dan menentukan prioritas respon teknis terpilih yang mendukung perbaikan teknis. Tingkat kepentingan dan kepuasan terhadap kebutuhan konsumen dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebar kepada konsumen UD. Bu Sulasmi. Kuesioner juga diberikan kepada pemilik usaha untuk mengidentifikasi respon teknis, part kritis, dan penilaian hubungan yang diperlukan dalam metode QFD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang penting berdasarkan kebutuhan konsumen adalah kesesuaian berat bersih dengan informasi yang tertera pada kemasan. Nilai rata-rata kepuasan konsumen UD. Bu Sulasmi menunjukkan bahwa konsumen kurang puas pada seluruh atribut madumongso dengan memberikan nilai lebih rendah dari pesaingnya Omah Jenang. Respon teknis yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen adalah perancangan desain kemasan dengan nilai 4,257. Part kritis yang menjadi prioritas adalah jenis kemasan sekunder dan tersier dengan nilai 303,37.

English Abstract

Madumongso is a food made from sticky rice which is native from East Java and recently known in other areas in Indonesia. One of madumongso production centers in Blitar is UD. Bu Sulasmi. Problems occured in UD. Mrs. Sulasmi were harder competition in getting loyal consumer and bigger number of selling madumongso which tend to be fluctuate. Consumer’s interest will increase by 60% as it approaches Eid, and decrease again as Eid ends. This indicates madumongso get less interest while there are no special moments.Therefore, producers must be creative to improve the quality of their products and survive in the market. In addition, these creative ideas are expected to push consumer interest up so they will buy madumongso according to their needs. The research was conducted by using Quality Function Deployment (QFD) method. QFD is a method which is capable of translating consumer desires into technical language then ensuring customer satisfaction. Phase I of QFD is used to translate consumer needs into technical responses and determine the priority of the technical response to be performed. Phase II QFD is used to translate selected technical responses into critical parts and determine the priority of selected technical responses that support technical improvement. The level of importance and satisfaction with the needs of consumers is collected by using questionnaires distributed to consumers of UD. Bu Sulasmi. Questionnaires are also allowed business owners to identify the technical response, critical part, and relationship assessment required in the QFD method. The purpose of this research are determine consumer needs and product development strategies with respect to technical characteristics that will be applied UD. Bu Sulasmi for madumongso products can compete with its competitors. Result of the research showed that the main attribute based on the cunsumer needs of is congruity of the net weight with the information contained in the packaging. The average value of consumer satisfaction of UD. Bu Sulasmi indicated that consumers were less satisfied to all of attribute, presenting by lower value than Omah Jenang, the competitor. Technical responses required to fulfill the needs of consumers was the design of packaging, with a value of 4.257. The critical part of the priority was the type of secondary and tertiary packaging, with a value of 303.37.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/272/051705362
Uncontrolled Keywords: kebutuhan, konsumen, kualitas, madumongso, QFD. consumers, madumongso, needs, QFD, quality.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.56 Product control, packaging; waste control and utilization > 658.562 Quality control
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 21 Aug 2017 02:44
Last Modified: 29 Nov 2021 08:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1446
[thumbnail of MELY TRI HANDAYANI.pdf]
Preview
Text
MELY TRI HANDAYANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item