Pengaruh Jarak dan Diameter Stop Drilled Holess terhadap Fatigue Life Pelat Aluminium Alloy,

Irawan, YusvariHarza (2016) Pengaruh Jarak dan Diameter Stop Drilled Holess terhadap Fatigue Life Pelat Aluminium Alloy,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan peradaban manusia saat ini sangat membutuhkan mobiltas yang tinggi agar dapat mempersingkat waktu untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lain dalam jarak yang jauh maka pesawat terbang menjadi pilihan. Kegagalan struktur tidak hanya diakibatkan karena beban berlebih dari titik ultimate material tetapi juga karena beban dinamis (pembebanan yang berulang-ulang atau berubah-rubah) baik secara axial, torsial, bending ataupun gabungan dari ketiga pembebanan tersebut secara berfluktuasi mengakibatkan kegagalan retak. Pada tahun 1996, Hoeppner menyatakan bahwa hampir 50-90% kegagalan diakibatkan oleh beban dinamis. Berbagai metode untuk menghambat retak telah banyak dikembangkan salah satunya dengan cara pemanfaatan lubang, yaitu dengan cara pengeboran sepasang lubang disekitar ujung retak. Penelitian ini bertujuan untuk memperpanjang umur guna Aluminium Alloy 2524-T3 dengan memvariasikan jarak dan ukuran diameter Stop Drilled Holess. Penelitian dilakukan menggunakan software software ANSYS Workbench 16.0 Static Structural yang berbasis Finite Element Method (FEM) dengan memberikan gaya tekan dan tarik sebesar 100MPa pada plat aliminium alloy dengan variasi jarak L adalah 0mm; 1,5mm; 3mm, jarak H adalah 3mm; 4,5mm; 6mm dan variasi diameter holess adalah 1.5mm; 3mm. Marerial yang digunakan adalah Aluminium Alloy 2524-T3 dengan permodelan bilinear kinematic hardening. Hasil dari penelitian ini berupa kontur fatigue life dan nilai fatigue life pada setiap konfigurasi dikonversikan dalam bentuk grafik dengan software excel 2013 untuk membandingkan nilai fatigue life disetiap titik pengujian pada masing-masing konfigurasi Stop Drilled Holess, dalam penelitian ini diperoleh stop drilled holes dengan nilai fatigue life paling tinggi adalah pada konfigurasi diameter 3mm jarak L0mm dan H6mm sedangkan nilai fatigue life paling rendah adalah pada konfigurasi diameter 3mm jarak L 3mm dan H 3mm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/337/051604706
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jun 2016 09:52
Last Modified: 22 Oct 2021 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144528
[thumbnail of bab_2.pdf]
Preview
Text
bab_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab_3.pdf]
Preview
Text
bab_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab_4_.pdf]
Preview
Text
bab_4_.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3_SK_penguji_.pdf]
Preview
Text
3_SK_penguji_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1_COVER.pdf]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5_Lembar_Peruntukan.pdf]
Preview
Text
5_Lembar_Peruntukan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_Lembar_Orisinalitas.pdf]
Preview
Text
4_Lembar_Orisinalitas.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6_pengantar-daftar_yusvari.pdf]
Preview
Text
6_pengantar-daftar_yusvari.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7_daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
7_daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item