Pengaruh Variasi Jarak Sengkang dan Rasio Tulangan Longitudinal terhadap Daktilitas Kolom Bertulangan Ringan Akibat Beban Siklik,

Vadra, KarinaPearlaura (2016) Pengaruh Variasi Jarak Sengkang dan Rasio Tulangan Longitudinal terhadap Daktilitas Kolom Bertulangan Ringan Akibat Beban Siklik,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kolom merupakan struktur batang tekan vertikal yang memiliki fungsi utama sebagai penyalur beban-beban bangunan dari atas hingga ke pondasi. Di Indonesia, masih sering dijumpai bangunan tua dan rumah tinggal yang memiliki rasio tulangan longitudinal kurang dari 1% atau biasa dikenal dengan kolom bertulangan ringan. Kolom bertulangan ringan dipercaya memiliki performa yang buruk dalam menahan gempa, padahal di beberapa kasus yang ditemui di banyak negara, kolom bertulangan ringan cukup mampu bertahan terhadap gempa. Di sisi lain, jarak sengkang merupakan salah satu aspek konstruksi yang penting pada kolom. Oleh karena itu, perlu penelitian lebih lanjut tentang jarak sengakang dan rasio tulangan longitudinal. Penelitian ini membahas tentang pengaruh jarak sengkang dan rasio tulangan longitudinal terhadap kolom bertulangan ringan akibat beban siklik. Pada penelitian ini digunakan kolom beton bertulangan ringan sebagai benda uji sebanyak 4 buah dengan 2 variasi, yaitu rasio tulangan longitudinal (0,8% dan 1,1%) dan variasi jarak sengkang (15cm dan 25 cm). Pengujian dilakukan dengan memberikan beban aksial konstan sebesar 0.1 Pu dan beban siklik hingga kolom melewati keruntuhan beban lateral dengan metode displacement control. Data berupa beban dan perpindahan setiap siklusnya dicatat untuk analisis daktilitas. Hasil eksperimental dari penelitian ini menjelaskan bahwa kolom L15C dengan rasio tulangan 0.8% dan jarak sengkang 15 cm, memiliki nilai daktilitas sebesar 1.6 sampai 2.4. Untuk kolom L25C dengan rasio tulangan 0.8% dan jarak sengkang 25 cm, memiliki nilai daktilitas sebesar 1.5 sampai 2.9. Kemudian untuk kolom M15C dengan rasio tulangan 1.1% dan jarak sengkang 15 cm, memiliki nilai daktilitas 2.2 sampai 2.4. Sedangkan untuk kolom M25C dengan rasio tulangan 1.1% dan jarak sengkang 25 cm, memiliki nilai daktilitas 1.8 sampai 1.9.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/328/051604697
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Jun 2016 08:53
Last Modified: 22 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144518
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of 1._Sampul_-_Lembar_Peruntukan.pdf]
Preview
Text
1._Sampul_-_Lembar_Peruntukan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item