Putri, WidyaAgatha (2016) Ruang Penghubung Antar Kawasan Stasiun Depok Baru dan Terminal Margonda,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Stasiun Depok Baru serta Terminal Margonda berdiri sebagai pusat pelayanan transportasi Kota Depok, dengan ketersediaan kereta commuter, bus, serta angkutan kota sebagai pilihan moda transportasi publik yang beroperasi di dalamnya. Terdapat kebijakan pemerintah untuk mewujudkan keduanya sebagai pusat pelayanan transportasi terpadu yang efektif dan efisien melalui keberadaan ruang penghubung kawasan, melihat adanya potensi hubungan yang terbentuk antara kedua kawasan melalui pola pergerakan yang berlangsung. Keberadaan ruang yang berdekatan mendorong munculnya aktivitas perpindahan masyarakat dari bangunan menuju moda transportasi, dari moda transportasi menuju moda lain, serta bangunan menuju bangunan lain. Namun, kondisi ruang yang ada dinilai kurang baik dalam mengakomodasi pergerakan masyarakat menuju kedua kawasan. Studi ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan terkait penyediaan ruang penghubung yang sesuai. Environmental behavior sebagai dasar kajian permasalahan, dengan memperhatikan hubungan antara aktivitas manusia dengan ruang sebagai wadah. Perilaku muncul sebagai bentuk tanggapan atas aktivitas pengguna terhadap kondisi ruang. Dengan memperhatikan kecenderungan perilaku yang muncul melalui teknik behavioral mapping dapat mempengaruhi kriteria ruang yang dihasilkan. Sehingga wujud ruang yang dihasilkan akan berfungsi secara optimal sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam hal ini pola pergerakan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Walaupun tidak menutup kemungkinan terdapat aktivitas – aktivitas lain yang berlangsung di dalam lingkup ruang studi yang mempengaruhi pola pembentukan ruang penghubung yang tersedia. Hasil akhir menunjukkan wujud ruang penghubung yang sesuai dapat mengakomodasi segala pola pergerakan serta aktivitas masyarakat yang berlangsung di dalamnya. Terutama penyediaan ruang peralihan transportasi yang strategis dengan memperhatikan ketersediaan elemen fisik, dimensi, serta konfigurasi ruang yang memberikan kenyamanan jarak tempuh bagi pengguna, serta penataan perabot yang dapat mengarahkan pergerakan pengguna menuju dua kawasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2016/311/051604437 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Arsitektur |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 13:21 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144499 |
Preview |
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |