Motion Capture System Berbasis Flex Sensor dan Inertial Measurement Unit untuk Gerakan Pergelangan Tangan Robot,

Hadi, Sirojul (2016) Motion Capture System Berbasis Flex Sensor dan Inertial Measurement Unit untuk Gerakan Pergelangan Tangan Robot,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Robot digunakan sebagai pengganti tugas manusia yang dapat membantu memudahkan pekerjaan manusia. Idealnya sebuah robot memiliki daya tahan yang baik terhadap lingkungan, memiliki fleksibilitas yang tinggi, dan diharapakn memiliki kecerdasan buatan. Robot dapat digunakan pada beberapa bidang yang sulit atau berbahaya dilakukan oleh manusia, seperti suatu ruangan yang memiliki tingkat radiasi tinggi, tempat yang memiliki limbah beracun, tempat yang memiliki suhu yang sangat tinggi atau sangat rendah, dan keadaan dimana diharuskan memindahkan benda-benda yang sangat berat, maka tidak dimungkinkan pekerjaan dilakukan oleh manusia sehingga dibutuhkan robot. Perlu adanya robot yang dapat di kontrol oleh pengguna dan dapat melakukan gerakan sesuai keinginan pengguna. Salah satu metode pengontrolan yang dapat digunakan yaitu metode motion capture system berbasis flex sensor dan inertial measurement unit (IMU), flex sensor digunakan untuk merekam gerakan jari-jari tangan pengguna, dan sensor IMU digunakan untuk merekam sudut rotasi dari pergelangan tangan. Hasil perekaman dari tangan pengguna dikirim secara nirkabel kemudian diterjemahkan oleh robot menjadi gerakan pada sendi-sendi robot.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/278/051603931
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Jun 2016 14:48
Last Modified: 22 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144458
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item