Optimasi Site Layout Menggunakan Multi-Objectives Function (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Baru Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahap Ii)

Wahyudi, Rahmat (2016) Optimasi Site Layout Menggunakan Multi-Objectives Function (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Baru Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahap Ii). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tata letak lapangan sangat penting dalam pelaksanaan sebuah proyek konstruksi. Namun, site layout kurang mendapatkan perhatian penting untuk direncanakan dengan baik dan optimal. Demikian halnya pada proyek pembangunan gedung baru Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahap II. Oleh karena itu, perlu adanya pembenahan dalam pengaturan site layout. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui optimum tidaknya bentuk site layout di proyek pembangunan gedung baru Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahap II, untuk mengetahui bentuk site layout yang optimum dari pertimbangan travelling distance (TD) dan safety index (SI) serta pertimbangan dari gabungan keduanya. Pada penelitian ini, optimasi dilakukan menggunakan multi-objectives function. Dalam menentukan penempatan fasilitas proyek dapat dilakukan dengan dua kondisi dilapangan yaitu equal site layout dan unequal site layout. Equal site layout yaitu jika dalam suatu proyek jumlah fasilitas sama dengan jumlah tempat yang tersedia sedangkan unequal site layout yaitu jika jumlah fasilitas lebih sedikit dari jumlah tempat/lahan yang tersedia dalam proyek (dummy). Dalam hal ini akan digunakan kondisi equal site layout dalam penelitian. Untuk mendapatkan site layout yang optimal dan efisien, maka jarak tempuh (Travelling Distance) harus diminimumkan dan index keamanan (Safety Index) juga harus diminimalisir agar tingkat kecelakaan yang dialami pekerja yang melalui zona bahaya juga akan semakin kecil. Site layout yang paling optimal diketahui dengan cara melakukan pemindahan beberapa fasilitas dalam proyek. Pemindahan tata letak fasilitas dalam penelitian ini dilakukan sebanyak empat skenario, dengan masing-masing skenario dicari nilai TD dan SI. Selanjutnya, didapatkan hasil bentuk site layout yang optimum yang memiliki nilai TD dan SI terkecil dibandingkan dengan kondisi eksisting. Untuk nilai travelling distance paling optimum terletak pada skenario 3 dengan nilai TD sebesar 47025,82 meter sedangkan nilai safety index terletak pada skenario 1 dengan nilai SI sebesar 1017,402. Untuk kondisi site layout paling optimal sesuai kriteria prioritas kontraktor pelaksana, yaitu 30% untuk nilai traveling distance dan 70% untuk nilai safety index adalah skenario 1 dengan nilai sebesar 1,005201.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/263/051603916
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Jun 2016 09:57
Last Modified: 22 Oct 2021 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144441
[thumbnail of Bab_2.pdf]
Preview
Text
Bab_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_4.pdf]
Preview
Text
Bab_4.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Gabungan_Semua_BAB.pdf]
Preview
Text
Gabungan_Semua_BAB.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of .._COVER_DEPAN_baru.pdf]
Preview
Text
.._COVER_DEPAN_baru.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_3.pdf]
Preview
Text
Bab_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of .._HALAMAN_IDENTITAS_TIM_PENGUJI_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
.._HALAMAN_IDENTITAS_TIM_PENGUJI_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_1.pdf]
Preview
Text
Bab_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of .._LEMBAR_ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
.._LEMBAR_ORISINALITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of .._KATA_PENGANTAR_sampai_lampiran.pdf]
Preview
Text
.._KATA_PENGANTAR_sampai_lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item