Pengaruh Daya Microwave terhadap Rendemen Minyak Nilam pada Proses Distilasi dengan Microwave Assisted Steam Distillation

Atmaja, RamadheniKusuma (2016) Pengaruh Daya Microwave terhadap Rendemen Minyak Nilam pada Proses Distilasi dengan Microwave Assisted Steam Distillation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan minyak atsiri dewasa ini semakin meningkat seiring dengan perkembangan industri modern seperti industri parfum, kosmetik, obat-obatan, makanan dan minuman. distilasi merupakan metode yang paling populer dan digunakan secara luas. Untuk memproduksi minyak esensial di seluruh dunia. Sayangnya metode tersebut masih memiliki kekurangan, yaitu dibutuhkannya banyak waktu untuk mendapatkan minyak nilam yang baik. Dalam hal ini perlu ditemukan metode baru untuk menjawab permasalahan tersebut sehingga digunakan microwave, dimana microwave efektif dalam distribusi panas dan efisien karena waktu yang diperlukan relatif lebih singkat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode eksperimental nyata (true experiment research) yang langsung digunakan ke obyek yang akan diuji. Pada penelitian ini menggunakan microwave yang diatur pada daya 140 watt, 280 watt, 420 watt, 560 watt dan 700 watt. Daun nilam yang sudah dikeringkan dengan kadar air sebesar 17.82% - 24.5 %. Wadah kaca sebagai penampung daun nilam dan aliran steam dari boiler air. Kondensor yang terbuat dari kaca sebagai proses kondensasi uap panas hasil pemanasan microwave. Termokopel yang disambungkan ke data logger yang telah tersambung ke komputer guna menampilkan dan menyimpan data mengenai perpindahan panas yang terjadi pada saat proses distilasi. Hasil penelitian yang didapatkan dari metode microwave assisted steam distillation bahwa semakin besar daya microwave yang digunakan maka semakin cepat rendemen minyak yang dihasilkan. Pada penelitian ini juga dihitung seberapa besar energi microwave dan LPG yang digunakan selama proses destilasi dengan microwave assisted steam distillation. Rendemen minyak nilam dihasilkan paling cepat pada daya 700 Watt. Sedangkan Rendemen minyak nilam terbanyak dihasilkan pada daya 280 Watt. Hal ini disebabkan seiring meningkatnya daya pada microwave menyebabkan kenaikan temperatur yang semakin cepat sehingga uap panas yang seharusnya merusak dinding sel pada daun nilam terlebih dahulu menguap keluar microwave yang menyebabkan sel minyak pada daun nilam tidak sepenuhnya terdesak keluar terbawa uap panas dari boiler air.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/250/051603900
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jun 2016 10:29
Last Modified: 22 Oct 2021 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144427
[thumbnail of BAB_IV_Resumed_pdf.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_Resumed_pdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_Resumed_pdf.pdf]
Preview
Text
BAB_V_Resumed_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_&_Lembar_Pengesahan_pdf.pdf]
Preview
Text
Cover_&_Lembar_Pengesahan_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Orisinalitas_pdf.pdf]
Preview
Text
Orisinalitas_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar_Resumed_(1,0spasi)_pdf.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar_Resumed_(1,0spasi)_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Pustaka_Resumed_pdf.pdf]
Preview
Text
Pustaka_Resumed_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I_Resumed_pdf.pdf]
Preview
Text
Bab_I_Resumed_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_II_Resumed_pdf.pdf]
Preview
Text
Bab_II_Resumed_pdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab_III_Resumed_pdf.pdf]
Preview
Text
Bab_III_Resumed_pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item